QORI, FITRIA (2016) Pengaruh Pendidikan Islam terhadap Kesehatan Mental Siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Arjasa Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.
Text
FITRIA QORI_084 121 081.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan Islam pada hakikatnya berusaha mengembangkan aspek- aspek kepribadian anak, baik yang bersifat jasmaniah maupun ruhaniah, termasuk aspek individualitas, sosialitas, dan moralitas. Sehingga dengan pendidikan Islam akan tercapai kehidupan yang harmonis dan seimbang antara kebutuhan aspek material dengan kebutuhan mental spiritual. Dalam hubungannya dengan aspek ruhaniyah seseorang, erat sekali dengan kebutuhan perkembangan jiwa atau mental seseorang. Dimana aspek tersebut tidak kalah penting dengan aspek-aspek lainnya. Pada dasarnya setiap orang mendambakan memiliki mental yang sehat dalam menjalani hidup, karena orang yang memiliki mental sehat akan senantiasa tenang hatinya. Kesehatan mental bertujuan mencegah timbulnya gangguan jiwa dan gangguan emosi, dan berusaha mengurangi atau menyembuhkan penyakit mental. Penelitian ini berusaha mengungkapkan permasalahan tentang pokok masalahnya yaitu adakah pengaruh pendidikan Islam terhadap kesehatan mental siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Arjasa kecamatan Arjasa kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016? dan pokok masalah ini akan di bahas secara lebih rinci yaitu menjadi tiga sub pokok masalah 1) adakah pengaruh pendidikan islam terhadap kesehatan emosi/perasaan siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Arjasa kecamatan Arjasa kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016? 2) adakah pengaruh pendidikan Islam terhadap kesehatan fikiran siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Arjasa kecamatan Arjasa kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016? 3) adakah pengaruh pendidikan islam terhadap kesehatan tingkah laku siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Arjasa kecamatan Arjasa kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan Islam terhadap kesehatan mental siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Arjasa kecamatan Arjasa kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016, dan untuk tujuan secara terperincinya yaitu 1) untuk mengetahui pengaruh pendidikan islam terhadap kesehatan emosi/perasaan siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Arjasa kecamatan Arjasa kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016 2) untuk mengetahui pengaruh pendidikan Islam terhadap kesehatan fikiran siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Arjasa kecamatan Arjasa kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016 3) untuk mengetahui pengaruh pendidikan Islam terhadap kesehatan tingkah laku siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Arjasa kecamatan Arjasa kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, skala likert dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis korelasi dengan rumus statistik Chi Kuadrat : fh fo fh X 2 2 ix Kemudian untuk menguji kuat lemahnya hubungan dilanjutkan dengan koefisien kontingensi sebagai berikut : Penelitian ini memperoleh kesimpulan umum Ada pengaruh tinggi pendidikan Islam terhadap kesehatan mental siswa di SMA Negeri Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Sedangkan kesimpulan khususnya : 1) Ada pengaruh tinggi pendidikan Islam terhadap kesehatan emosi/perasaan siswa di SMA Negeri Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. 2) Ada pengaruh tinggi pendidikan Islam terhadap kesehatan pikiran/kecerdasan siswa di SMA Negeri Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. 3) Ada pengaruh tinggi pendidikan Islam terhadap kesehatan tingkah laku siswa di SMA Negeri Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 00:39 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 00:39 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30351 |
Actions (login required)
View Item |