Penerapan Model Kepala Bernomer Struktur dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 1 Glenmore Tahun Pelajaran 2018/2019.

izza afcarina, nur (2019) Penerapan Model Kepala Bernomer Struktur dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 1 Glenmore Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
NUR IZZA AFCARINA_T20151171.pdf

Download (10MB)

Abstract

Model Kepala Bernomer Struktur adalah model yang modifikasi dari Number Head. Perbedaannya adalah dari cara penugasan dan masuk keluarganya anggota kelompok.Model Kepala Bernomer Struktur ini menekankan pada kegiatan menukar pemahaman antar peserta didik sehingga jika pendidik ingin menerapkan model pembelajaran ini, keaktifan dalam berdiskusi adalah komponen yang harus diperhatikan dengan seksama oleh pendidik agar semua peserta didik berperan aktif dalam kegiatan pertukaran pemahaman ini. oleh sebab itu, para pendidik SMPN 1 Glenmore berusaha untuk menjadi pendidik yang memiliki bekal mengenai model pembelajaran yang mampu memberikan motivasi kepada peserta didik untuk lebih tertarik lagi mengikuti pembelajaran. Sehingga proses pembelajaran dikelas dapat berjalan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian adalah:1) Bagaimana perencanaan model kepala bernomer struktur dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 1 Glenmore tahun pelajaran 2018 / 2019. 2) Bagaimana pelaksanaan model kepala bernomer struktur dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 1 Glenmore tahun pelajaran 2018 / 2019. 3) Bagaimana evaluasi model kepala bernomer struktur dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 1 Glenmore tahun pelajaran 2018 / 2019. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan model kepala bernomer struktur dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 1 Glenmore tahun pelajaran 2018 / 2019. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan model kepala bernomer struktur dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 1 Glenmore tahun pelajaran 2018 / 2019. 3) Mendeskripsikan evaluasi model kepala bernomer struktur dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 1 Glenmore tahun pelajaran 2018 / 2019. Dalam mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field reseach) dengan pandangan fenomenologi, lokasi yang diteliti adalah SMPN 1 Glenmore. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, serta dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis model Milles and Huberman mulai dari Kondensasi Data (Data Condensation), Penyajian Data (Data Display), dan Kesimpulan Penarikan / Verifikasi (Conclusion drawing / Verification. Sedangkan dalam menguji keabsahan data peneliti menggunakan dua teknik yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1. Bahwa perencanaan model kepala bernomer struktur dalam pembelajaran PAI pendidik terlebih dahulu mempersiapkan bahanbahan yang akan dibahas terlebih dahulu, setelah semua bahan sudah siap pendidik menyiapkan alat- alat yang dibutuhkan sebagai bahan membuat nomer kepala. Alat tersebut misalnya kertas karton, kertas origamy, plaster, spidol, dan gunting. Setelah itu pendidik memberikan gambaran secara umum pelaksanaan model kepala bernomer struktur kepada peserta didik, 2. Dalam pelaksanaan model kepala bernomer struktur dalam pembelajaran PAI yakni pendidik sudak melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan langkah- langkah model kepala bernomer struktur. 3. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran dengan menggunakan model kepala bernomer struktur dalam pembelajaran PAI ini dilaksanakan dengan kegiatan evaluasi yang dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana proses pembelajaran telah mencapai tujuan yang telah ditetapkan. evaluasi pada pembelajaran ini menggunakan evaluasi formatif dan evaluasi unjuk kerja. dan dapat diketahui bahwa setelah melaksanakan model kepala bernomer struktur ini peserta didik menjadi aktif dan antusias selama mengikuti pembelajaran dan juga penyampaian pembelajaran juga tersampaikan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 18 Dec 2023 00:39
Last Modified: 18 Dec 2023 00:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30366

Actions (login required)

View Item View Item