Manajemen Sarana dan Prasana di SMK Hidayatul Mubtadiin Tempurejo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

Setiawan, M. Dafid (2019) Manajemen Sarana dan Prasana di SMK Hidayatul Mubtadiin Tempurejo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
M. Dafid Setiawan_084 133 077.pdf

Download (1MB)

Abstract

Manajemen Sarana dan Prasarana yang ada di lembaga pendidikan merupakan salah satu peran yang sangat penting, sebab sarana dan prasarana turut menentukan berhasil tidaknya proses pembelajaran yang dilaksanakan dalam mencapai suatu pendidikan yang efektif, dengan hal ini sarana dan prasarana tidak boleh diabaikan karena fasilitas tersebut dapat digunakan sebagai media untuk mempermudah pemahaman peserta didik terkait dengan materi pembelajaran. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini yaitu:1)Bagaimana Pengadaan Sarana dan Prasarana di SMK Hidayatul Mubtadiin? 2)Bagaimana Inventarisasi Sarana dan Prasarana di SMK Hidayatul Mubtadiin?, 3)Bagaimana Perawatan Sarana dan Prasarana di SMK Hidayatul Mubtadiin?, 4)Bagaimana Penghapusan Sarana dan Prasarana di SMKHidayatul Mubtadiin? Tujuan penelitian yaitu 1)Untuk mendiskripsikan Pengadaan Sarana dan Prasarana di SMK Hidayatul Mubtadiin, 2)Untuk mendiskripsikan Inventarisasi Sarana dan Prasarana di SMK Hidayatul Mubtadiin?, 3)Untuk mendiskripsikan Perawatan Sarana dan Prasarana di SMK Hidayatul Mubtadiin, 4)Untuk mendiskripsikan Penghapusan Sarana dan Prasarana di SMK Hidayatul Mubtadiin Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian menggunakan Purposive. Adapun teknik yang digunakan dalampengumpulan data adalah Observasi,, Wawancara, Dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Kemudian untuk keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik Hasil penelitian adalah: 1)Pengadaan sarana prasarana di SMK Hidayatul Mubtadiin dilakukan pada setiap awal tahun pelajaran dikarenakan setiap tahun jumlah peserta didik bertambah, meskipun sudah dapat bantuan dana dari pemerintah, namun kegiatan tersebut masih melibatkan dana pribadi baik dari guru maupun yayasan .2) Kegiatan inventarsasi yang ada di lembaga SMK Hidayatul Mubtadiin belum terjadwal, sehingga belum memiliki buku pencatatan inventarisasi. Namun waka sarana prasarana sebagai penanggung jawab selalu melakukan pemeriksaan sehingga ketika ada sarana prasarana yang rusak maka di lakukan pembelian jika memang sangat di butuhkan.3) Perawatan saran prasarana yang ada di SMK Hidayatul Mubtadiin di lakukan setiap 1 bulan sekali, dengan cara melakukan pengecekan barang dan perbaikan terhadap barang saat kondisi barang mengalami kerusakan. Serta kegiatan ini melibatkan guru, karyawan dan murid. Perawatan sarana dan prasarana ini dilakukan untuk menjaga dan menyelamatkan aset yang di miliki oleh lembaga dari kerusakan yang tidak diinginkan..4) Proses penghapusan sarana prasarana di SMKHidayatul Mubtadiin dilakukan setelah proses pembelajaran selama 6bulan, dengan mengadakan rapat guru dan karyawan untuk membahas rencana pembelajaran yang diperlukan. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan barang apa masih bisa digunakan atau tidak, sehingga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 18 Dec 2023 00:40
Last Modified: 18 Dec 2023 00:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30379

Actions (login required)

View Item View Item