Huda, Ahmad Taufikil (2019) Implemtasi Manajemen Kesiswaan dalam program Bina Insan Cendikia Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2018-2019. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.
Text
Ahmad Taufikil Huda_084143033.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kajian Ini dilatar belakangi karena dilihat dari problem yang dialami oleh lembaga pendidikan Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember karena, Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember ingin lebih maju lagi, hal ini sesuai dengan Visi dan Misi Madrasah. Maka dari itu didirikannya program Bina Insan Cendikia selain itu jika dilihat dari kualitas out put siswa bina insan cendikia yang semakin tahunnya unggul dalam prestasi maka peneliti tertarik akan meneliti tentang proses kegiatan kesiswaan mulai dari rekrutmen, seleksi, orientasi dan penempatan sisw baru Bina Insan Cendikia. Berdasarkan Latar belakang Tersebut, Maka fokus penelitiannya adalah 1).Bagaimana Rekrutmen siswa Baru dalam program Bina Insan Cendikia ? 2).Bagaimana Seleksi siswa Baru dalam program Bina Insan Cendikia ? 3).Bagaimana Orientasi siswa Baru dalam program Bina Insan Cendikia ? 4).Bagaimana Penempatan siswa Baru dalam program Bina Insan Cendikia ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan objek penelitian purposive sampling dan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitiannya adalah : 1) Rekrutmen siswa baru program Bina Insan Cendikia. a. pembentukan panitia meliputi musyawarah bersama. b. Pembuatan pengumuman melaui benner, brosur dan via online. 2) Seleksi Siswa Baru program Bina Insan Cendikia. a. Tes dan Ujian tulis meliputi tes wawancara, psikotes, psikologi, kesehatan, ujian tulis meliputi mata pelajaran IPA, bhs indonesia, bhs Inggris dan Matematika. b. alur bakat dan minat melaui sertifikat prestasi salah satu dalam bidang bhs inggris, bhs indonesia, IPA dan matematika. c. STTB melalui nilai raport mulai semester 1 saampai 5. 3) Orientasi Siswa Baru Program Bina Insan Cendikia, orientasi siswa baru dilaksanakan kurang lebih 2 bulan dan bertujuan agar peserta didik dapat memahami peraturan lembaga serta mengikuti peljaran dengan aktif. 4) Penempatan Siswa Baru Bina Insan Cendikia meliputi 2 aspek yaitu jenis kelain dan kemampuan, jika dari jenis kelain yaitu dibagi menjadi dua gedung yaitu putra dan putri. Jika dilihat dari kemampuan hanay berpatokan pada kelas A dan B.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 01:30 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 01:30 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30421 |
Actions (login required)
View Item |