Implementasi Pengembangan Budaya Religius Siswa MTs Negeri 4 Jember Melalui Pembiasaan Shalat Sunnah Dhuha

MAWARDI, FA'IZ (2019) Implementasi Pengembangan Budaya Religius Siswa MTs Negeri 4 Jember Melalui Pembiasaan Shalat Sunnah Dhuha. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
FA’IZ MAWARDI _084 141 349.pdf

Download (10MB)

Abstract

Pendidikan seacara sederhana dapat diartikan sebagai usaha manusia untuk membina kepribadiaanya sesuai dengan nilai-nilai didalam masyarakat dan kebudayaannya. Pendidikan tidak hanya terpaku pada pembelajaran tatap muka kelas saja. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membentuk karakter kedisiplinan siswa adalah melalui kegiatan pembiasaan. Melalui pembiasaan anak akan taat beribadah baik wajib maupun sunnah. Pembiasaan ini perlu dilakukakn sejak dini agar mereka melaksanakan tugas dan kewajiban secara benar dan rutin tidak merasa merasa terbebani karena mereka sudah terbiasa. MTs Negeri 4 Jember ini menerapkan pembiasaan shlast sunnah dhuha sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Penerapan shalat dhuha dalam meningkatkan kedisiplinan siswa belum sepenuhnya memenuhi harapan, hal tersebut terlihat dari masih adanya siswa yang melanggar peratura, telat datang kesekolah untuk mengikuti shalat berjamah dhuha bersama dengan berbagai alasan, dan kemudian masih ada yang rame atau berguarau saat pelaksanan sholat sunnah dhuha bersama. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi pengembangan budaya religius siswa MTs Negeri 4 jember melalui pembiasaan shalat sunnah dhuha. 2) Bagaimana kontribusi implementasi pengembangan budaya religius siswa MTs Negeri 4 jember melalui pembiasaan shalat sunnah dhuha. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam penentuan subyek penelitian, penelitian ini menggunakan purposive sampling, adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, keabsahan data menggunakan triangulasi data dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah 1) Pembiasaan shalat sunnah dalam meningkatkan kedisiplinan melalui keteladanan. Seorang guru dalam beribadah itu sangat berpengaruh bagi siswa, jika guru melaksanakan shalat sunnah dhuha dengan disiplin maka siswa juga mengikuti shalat yang dikerjakan guru. Karena seorang anak meniru apa yang dilihat dan didengar. 2) Pembiasaan shalat sunnah dalam pengembangan budaya sekolah melalui reward. Reward disini sebagai motivasi anak dalam menjalankan peraturan yang sudah dibuat oleh sekolah. Reward disini berntuk pujian atau mauidloh agar siswa tetatp mempertahankan kedisplinannya. 3) Pembiasaan shalat sunnah dalam penerapan pengembangan budaya religius siswa melalui punishment. Berlakunya punishment atau hukuman agar siswa tidak menyepelekan pembiasaan shalat sunnah dhuha. Dengan adanya hukuman ini agar siswa siswa lebih terbiasa melaksanakan shalat sunnah dhuha. Phunisment ini dilakukan agar mereka jera dan terbiasa melaksanakan shalat sunnah dhuha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:10
Last Modified: 19 Dec 2023 02:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30446

Actions (login required)

View Item View Item