Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Kelas VIII Di SMP Baitul Arqom Balung Tahun Pelajaran 2019/2020.

IZZAH, ALVI NAILUL (2019) Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Kelas VIII Di SMP Baitul Arqom Balung Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
ALVI NAILUL IZZAH_T20151394.pdf

Download (3MB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) merupakan model pembelajaran yang termasuk dalam tipe pembelajaran aktif. Pembelajaran aktif yaitu pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran yang dikerjakannya. SMP Baitul Arqom Balung merupakan salah satu sekolah yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), melihat proses pembelajaran yang masih cenderung menggunakan model konvensional kini dengan seiring berjalannya waktu sekolah membuat kebijakan bahwasannya proses pembelajaran mulai harus diubah dan harus melakukan inovasi menjadikan proses pembelajaran lebih aktif. Berdasarkan fokus penelitian dalam skripsi diatas adalah : 1). Apa tujuan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) kelas VIII. 2). Apa materi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) kelas VIII. 3). Bagaimana langkah-langkah pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) kelas VIII. 4). Bagaimana evaluasi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian fenomenologi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu : observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles and Hubermen mulai dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian yang dilakukan, antara lain : 1) Tujuan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) kelas VIII adalah untuk menjadikan siswa leih aktif, bertanggung jawab dan meningkatkan kerja sama yang baik. 2) Materi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dengan Menggunkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) yaitu sejarah berdirinya dinasti abasiyyah, sistem pemerintahan Dinasti Abbasiyah, tokohtokoh besar pada masa Dinasti Abbasiyah, faktor penyebab runtuhnya Dinasti Abbasiyah. 3) Langkah-langkah Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dengan Menggunkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) diantaranya : a. Di bentuk tim 3 kelompok kemudian pendidik menjelaskan materi sedikit. b. Permainan dibentuk kuis, dalam kuis ini ada perwakilan 2 orang untuk maju kedepan, yang satu sebagai pembaca dan satu lagi sebagai penjawab. c. Turnamen, turnamen ini dilakukan oleh seluruh siswa, setelah itu pendidik sebagai pembaca soal dan bagi peserta didik yang bisa menjawab langsung mengacungkan tangannya. 4) Evaluasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII yaitu menggunakan evaluasi formatif dimana menggunakan penilaian tes dan non tes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:11
Last Modified: 19 Dec 2023 02:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30454

Actions (login required)

View Item View Item