Faizah, Siti Nur (2023) Kualitas pelayanan publik pada perumdam tirta pandalungan cabang puger. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
SKRIPSI SITI NUR FAIZAH.pdf Download (1MB) |
Abstract
Siti Nur Faizah, Toton Fanshurna, S.Th.I.,M.E.I. , 2023. Kualitas Pelayanan
Publik Pada Perumdam Tirta Pandalungan Cabang Puger.
Pelayanan suatu proses bantuan kepada orang lain dengan cara- cara
tertentu yang memerlukan kepekaan dan hubungan interpersonal agar
terciptanya kepuasan dan keberhasilan.
Fokus Penelitian dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Kualitas
Pelayanan Publik di Perumdam Tirta Pandalungan Cabang Puger ? 2) Upaya
Yang Dilakukan oleh Perumdam Tirta Pandalungan Cabang Puger untuk
meningkatkan pelayanan kepada masyarakat ?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui kualitas pelayanan
publik di Perumdam Tirta Pandalungan Cabang Puger. 2) untuk mengetahui
upaya apa yang dilakukan oleh Perumdam Tirta Pandalungan Cabang
Puger.Metode dalam Penelitian ini adalah Kualitatif dengan jenis penelitian
Deskriptif. Pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi
sumber.Penelitian ini memperoleh kesimpulan dari penelitian ini yaitu : 1)
Kualitas pelayanan berperan penting dalam membangun kepuasan pelanggan
pada sebuah perusahaan, kualitas pelayanan merupakan hal yang diperhatikan
oleh konsumen dalam mengambil keputusan, pelayanan merupakan ujung
tombak perusahaan jasa pelayanan yang berhadapan langsung dengan pihak
konsumen atau pelanggan. Kepuasan konsumen adalah tingkat perasaan
konsumen jika konsumen merasa puas maka biasa dikatakan sukses pelayanan
yang diberikan oleh perusahaan tersebut. Kualitas yang diterapkan di
Perumdam Tirta Pandalungan Cabang Puger yaitu kualitas pelayanan pada
jasa yaitu dengan memperhatikan kenyamanan konsumen saat membutuhkan
pelayanan. 2) Upaya yang dilakukan Perumdam Tirta Pandalungan untuk
meningkatkan pelayanan kepada masyarakat adalah suatu hal yang perlu
diperhatikan di dalam suatu perusahaan, sebuah perusahaan harus mampu
menanamkan citra yang positif bagi perusahaan dan juga memiliki
kemampuan membantu perusahaan dalam memahami bahwa pelanggan adalah
asset yang penting yang harus dipelihara dan dipertahankan keberadaannya.
Pelayanan perusahaan yang diterapkan oleh Perumdam Tirta Pandalungan
Cabang Puger yaitu Karyawannya berperilaku baik, sopan, ramah, rapih
kepada konsumen yang datang untuk melakukan pembayaran tagihan.
Kata Kunci: Kualitas,Pelayanan Publik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140213 Public Economics- Public Choice |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Siti Nur Faizah |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 07:54 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 07:54 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30467 |
Actions (login required)
View Item |