Internalisasi Nilai-Nilai Humanistik dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banyuwangi

kurnia, zakiyatul (2020) Internalisasi Nilai-Nilai Humanistik dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Zakiyatul Kurnia_T20151016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan humanistik adalah pendidikan yang memandang manusia sebagai makhluk hidup ciptaan Tuhan dengan fitrah-fitrah tertentu untuk dikembangkan secara maksimal dan optimal. Nilai-nilai humanistik ini akan mendorong peningkatan kualitas diri manusia melalui penghargaan terhadap potensi-potensi positif yang ada pada setiap manusia. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana internalisasi nilai kebebasan dalam pembelajaran akidah akhlak? 2) Bagaimana internalisasi nilai kreativitas dalam pembelajaran akidah akhlak? 3) Bagaimana internalisasi nilai kerja sama dalam pembelajaran akidah akhlak? 4) Bagaimana internalisasi nilai kejujuran dalam pembelajaran akidah akhlak?. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan internalisasi nilai kebebasan dalam pembelajaran akidah akhlak. 2) Mendeskripsikan internalisasi nilai kreativitas dalam pembelajaran akidah akhlak. 3) Mendeskripsikan internalisasi nilai kerja sama dalam pembelajaran akidah akhlak. 4) Mendeskripsikan internalisasi nilai kejujuran dalam pembelajaran akidah akhlak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Dalam penentuan subyek data penelitian ini mengunakan teknik purpossive. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian yaitu 1) Internalisasi nilai kebebasan dalam pembelajaran akidah akhlak di MTs Negeri 3 Banyuwangi terdapat dalam materi akidah Islam, akhlak bertetangga dan akhlak pergaulan remaja, melalui metode ceramah dan tanya jawab serta siswa menerima pembelajaran melalui pemberian keteladanan dan pembiasaan oleh guru. 2) Internalisasi nilai kreativitas dalam pembelajaran akidah akhlak di MTs Negeri 3 Banyuwangi terdapat dalam materi adab berdo’a, membaca Al-Qur’an, iman kepada hari akhir, akhlak terhadap diri sendiri, adab Islam dan terhadap lingkungan, melalui metode ceramah, tanya jawab dan demonstrasi serta siswa menerima pembelajaran melaui pemberian nasehat dan pembiasaan oleh guru. 3) Internalisasi nilai kerja sama dalam pembelajaran akidah akhlak di MTs Negeri 3 Banyuwangi terdapat dalam materi taat dan ikhlas, akhlak tercela kepada Allah SWT serta materi akhlak terpuji pada diri sendiri, adab bertetangga, dan adab Islam terhadap lingkungan, melalui metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi dan diskusi serta siswa menerima pembelajaran melalui pemberian nasehat, pembiasaan dan keteladanan. 4) Internalisasi nilai kejujuran dalam pembelajaran akidah akhlak di MTs Negeri 3 Banyuwangi adalah terdapat dalam materi akhlak tercela, iman kepada para malaikat, materi iman kepada hari akhir, adab bertetangga, iman kepada qadha dan qadar, dan akhlak pergaulan remaja melalui metode ceramah, tanya jawab dan diskusi serta siswa menerima pembelajaran melalui nasehat, keteladanan dan pembiasaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:12
Last Modified: 19 Dec 2023 02:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30476

Actions (login required)

View Item View Item