Amalia, Arfiany Nur (2023) Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Tema Keberagaman Lingkungan Sekitar Kelas VII C SMP Negeri 2 Lumajang Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Arfiany Nur Amalia_T20199009.pdf Download (6MB) |
Abstract
Arfiany Nur Amalia, 2023: Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Tema Keberagaman Lingkungan Sekitar Kelas VII C SMP Negeri 2 Lumajang Tahun Pelajaran 2023/2024
Kata Kunci: model problem based learning, kemampuan berpikir kritis, tema keberagaman lingkungan sekitar
Suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, sehingga pembelajaran yang berlangsung membantu peserta didik mengembangkan dirinya berupa pengetahuan, gagasan, nilai dan cara berpikir jernih, bijaksana serta mengembangkan keterampilan sosial. Salah satunya adalah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Model Problem Based Learning (PBL) ini dipicu oleh suatu masalah yang mendorong peserta didik untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Adapun materi yang digunakan yaitu pada tema keberagaman lingkungan sekitar dengan sub materi berkenalan dengan lingkungan sekitar, pembiasaan diri untuk melestarikan lingkungan, pembangunan berkelanjutan dan kelangkaan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik tema keberagaman lingkungan sekitar kelas VII C di SMP Negeri 2 Lumajang Tahun Pelajaran 2023/2024? Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik tema keberagaman lingkungan sekitar kelas VII C di SMP Negeri 2 Lumajang Tahun Pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada kelas VII C di SMP Negeri 2 Lumajang Tahun Pelajaran 2023/2024. Subyek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII C yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan 2 kali pertemuan.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dalam pertemuan ke- 1 dan pertemuan ke- 2 yaitu dengan skor 68,75 dan 81,25. Hasil pengamatan dari siklus II dalam pertemuan ke- 1 mengalami peningkatan dengan skor 87,5, tetapi pada pertemuan ke-2 menurun sehingga, pada pertemuan ke II mendapatkan skor 62,5. Hasil pengamatan dari siklus III dalam pertemuan ke- 1 dan pertemuan ke-2 mengalami peningkatan dengan kategori sangat baik dengan skor masing – masing sebesar 90,625 dan 87,5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik tema keberagaman lingkungan sekitar kelas VII C di SMP Negeri 2 Lumajang. Pada hasil angket kemampuan berpikir kritis dihitung dengan menggunakan SPSS dengan hasil teruji data valid. Adapun hasil jawaban dari responden yang didapat melalui analisis deskriptif statistik ditribusi frekuensi, uji validitas dan uji reliabilitas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Arfiany Nur Amalia |
Date Deposited: | 19 Dec 2023 08:54 |
Last Modified: | 19 Dec 2023 08:54 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30537 |
Actions (login required)
View Item |