Strategi Bertahan Hidup Masyarakat Nelayan Desa Gili Ketapang Pasca Pandemi Covid-19

Rahmawati, Susi (2023) Strategi Bertahan Hidup Masyarakat Nelayan Desa Gili Ketapang Pasca Pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Susi Rahmawati_D20182014.pdf

Download (17MB)

Abstract

Strategi bertahan hidup dapat didefinisikan sebagai kemampuan seseorang dalam menerapkan seperangkat cara untuk mengatasi berbagai permasalahan yang melingkupi kehidupannya. Strategi penanganan masalah ini pada dasarnya merupakan kemampuan segenap anggota keluarga dalam mengelola segenap aset yang dimilikinya. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi bertahan hidup masyarakat desa gili ketapang pasca pandemi covid-19. 2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat strategi bertahan hidup masyarakat desa gili ketapang pasca pandemi covid-19. Berdasarkan fokus masalah tersebut peneliti bertujuan untuk: 1) Untuk meengetahui strategi bertahan hidup masyarakat desa gili ketapang pasca pandemi covid-19. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat strategi bertahan hidup masyarakat desa gili ketapang pasca pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data dan verifikasi data. Dan untuk teknik keabsahan data menggunakan tiga jenis triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi teori.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Strategi bertahan hidup masyarakat desa gili ketapang ada empat jenis yaitu memaksimalkan potensi wisata snorkeling, memanfaatkan ikan hasil tangkapan nelayan, membuka usaha kecil, mencari pinjaman untuk modal usaha budidaya ikan kerapu. 2) faktor pendukung strategi bertahan hidup memaksimalkan potensi wisata yaitu pelayanan wisata, kerjasama antar masyarakat, dan fasilitas wisata, sedangkan faktor penghambatnya yaitu cuaca. Faktor pendukung strategi bertahan hidup memanfaatkan ikan hasil tangkapan nelayan yaitu kerjasama keluarga, sedangkan faktor penghambatnya yaitu modal usaha. Faktor pendukung strategi bertahan hidup membuka usaha kecil yaitu kerjasama antar penjual, sedangkan faktor penghambatnya yaitu tempat untuk berjualan dan modal usaha. Faktor pendukung strategi bertahan hidup mencari pinjaman untuk modal usaha budidaya ikan kerapu yaitu kerjasama masyarakat setempat, sedangkan faktor penghambatnya yaitu modal usaha.
Kata Kunci: Strategi Bertahan Hidup, Masyarakat Nelayan, Pasca Pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160799 Social Work not elsewhere classified
Depositing User: Susi Rahmawati
Date Deposited: 20 Dec 2023 04:26
Last Modified: 20 Dec 2023 04:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30589

Actions (login required)

View Item View Item