PENGARUH PEMANFAATAN APLIKASI CANVA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM IMUNITAS KELAS XI IPA DI MADRASAH ALIYAH WAHID HASYIM BALUNG JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Akbar, Yaumal Hajjil (0023) PENGARUH PEMANFAATAN APLIKASI CANVA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM IMUNITAS KELAS XI IPA DI MADRASAH ALIYAH WAHID HASYIM BALUNG JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FIKS Skripsi_Yaumal Hajjil Akbar_T. BIO FIKS (2)-.pdf

Download (3MB)

Abstract

Yaumal Hajjil Akbar, 2023: Pengaruh Pemanfaatan Aplikasi Canva Berbasis Project based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Imunitas Kelas XI IPA di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Balung Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Kata kunci: aplikasi canva, model pembelajaran project based learning, hasil belajar.

Salah satu model pembelajaran yang dapat menumbuhkan kreativitas dan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam merancang dan membuat sebuah proyek adalah project based learning (PjBL). Pembelajaran berbasis proyek mendorong
siswa untuk menerapkan pengetahuan, keterampilannya, memberikan kesempatan untuk memecahkan masalah dan penyelidikan. Maka diperlukan adanya inovasi pembelajaran untuk menambah pemahaman dan terciptanya suasana yang menarik dalam proses pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi canva berbasis project based learning
Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah menggunakan aplikasi canva berbasis project based learning pada materi sistem imunitas? 2) Bagaimana pemanfaatan
aplikasi canva berbasis project based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem imunitas? 3) Adakah pengaruh yang signifikan pada pemanfaatan aplikasi canva berbasis project based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem imunitas?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah menggunakan aplikasi canva berbasis project based learning pada materi sistem imunitas. 2) Mendeskripsikan pemanfaatan
aplikasi canva berbasis project based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem imunitas. 3) Mengetahui pengaruh yang signifikan pada pemanfaatan
aplikasi canva berbasis project based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem imunitas.
Metode penelitian yang digunakan kuantitatif jenis penelitian eksperimen, desain Quasi Eksperimental bentuk penelitian Nonequivalent Group Posttest Only design. Pengambilan sempel dalam penelitian ini menggunakan teknik Nonprobability sampling jenis purposive sampling, sampel yang terpilih terdapat dua kelas yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Skor rata-rata posttest hasil belajar siswa kelas eksperimen 55,00 lebih tinggi dari skor rata-rata kelas kontrol 38,50. 2) Siswa di kelas ekperimen memanfaatkan aplikasi canva berbasis project based learning dengan membuat proyek resume kreatif dan hasilnya dipresentasikan. 3) Ada pengaruh yang signifikan pemanfaatan aplikasi canva berbasis project based
learning terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,000.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060199 Biochemistry and Cell Biology not elsewhere classified
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0605 Microbiology > 060501 Bacteriology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Yaumal Hajjil Akbar
Date Deposited: 22 Dec 2023 06:05
Last Modified: 22 Dec 2023 06:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30661

Actions (login required)

View Item View Item