Manajemen Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Dalam Mengembangkan Mutu Layanan Administrasi Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember

Wardani, Dian Kusuma (2023) Manajemen Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Dalam Mengembangkan Mutu Layanan Administrasi Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DIAN KUSUMA WARDANI_T20193095 (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Manajemen merupakan suatu proses yang mencakup sejumlah aktivitas yang dilaksanakan untuk mengelola suatu kegiatan seperti halnya pelayanan.Pelayanan terpadu satu pintu merupakan inovasi baru dalam peningkatan kualitas pelayanan. MAN 2 Jember merupakan salah satu lembaga yang menerapkan
pelayanan terpadu satu pintu, selain itu lokasi MAN 2 Jember terletak berdekatan dengan pusat kota yang mempunyai kualitas administrasi yang lebih baik. Pada PTSP di MAN 2 Jember telahmenggunakan QR Code sebagai buku tamu.
Fokus dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana perencanaan PTSP dalam mengembangkan mutu layanan administrasi di MAN 2 Jember? 2) Bagaimana pengorganisasian PTSP dalam mengembangkan mutu layanan administrasi di MAN 2 Jember? 3) Bagaimana kepemimpinan PTSP dalam mengembangkan
mutu layanan administrasi di MAN 2 Jember? 4) Bagaimana pengendalian PTSP dalam mengembangkan mutu layanan administrasi di MAN 2 Jember? Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian,
kepemimpinan, dan pengendalian dari Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dalam mengembangkan mutu layanan administrasi di MAN 2 Jember.
Penelitian ini mengguanakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive dengan sumber data dari Kepala Madrasah, Kepala Tata Usaha, Petugas PTSP, dan Penerima Layanan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Perencanaan PTSP dalam
mengembangkan mutu layanan administrasi dilaksanakan dengan membuat SK penanggung jawab oleh kepala madrasah dan juga pembuatan SOP oleh kepala tata usaha. 2) Pengorganisasian PTSP dalam mengembangkan mutu layanan administrasi dilaksanakan dengan penerbitan SK pegawai dan juga pemberian
ANJAB yang disesuaikan dengan jobdesc. 3) Kepemimpinan PTSP dalam mengembangkan mutu layanan administrasi dilaksanakan dengan memberikan pengarahan serta motivasi pada saat rapat dan juga berkomunikasi secara langsung. 4) pengendalian PTSP dalam mengembangkan mutu layanan administrasi dilaksanakan dengan memantau kegiatan yang ada di PTSP dan juga
mengoreksi adanya penyimpangan secara langsung oleh kepala tata usaha untuk mengetahui kinerja petugas PTSP

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Dian Kusuma Wardani
Date Deposited: 27 Dec 2023 02:59
Last Modified: 27 Dec 2023 02:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30855

Actions (login required)

View Item View Item