Hana, Ilma Nafi'a (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II DI MI AL BASHOR SIDOKUMPUL LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
HANA ILMA NAFI'A_T20194143.pdf Download (8MB) |
Abstract
Media pembelajaran PowerPoint interaktif ini mengunakan aplikasi
Microsoft PowerPoint yang dikemas dalam bentuk menarik mengunakan
program PowerPoint berbasis kuis yang berisi slide – slide yang menampilkan
tulisan, gambar, animasi kuis dan video. Pemilihan materi pada pengembangan
media PowerPoint interaktif,peneliti memilih materi bahasa indonesia pada pokok
bahasa lingkungan sehat dan tidak sehat pada kelas II dikarenakan materi ini sulit
dipahami oleh peserta didik
Fokus penelitian ini (1)Bagaimana Proses Pengembangan Media
Pembelajaran PowerPoint interaktif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II
MI Al Bashor Sidokumpul Lamongan. (2) Bagaimana kelayakan Pengembangan
Media Pembelajaran PowerPoint interaktif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia
Kelas II MI Al Bashor Sidokumpul Lamongan. (3)Bagaimana Praktikalitas
Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint interaktif Pada Pembelajaran
Bahasa Indonesia Kelas II MI Al Bashor Sidokumpul Lamongan. Tujuan
penelitian ini adalah : (1) Mengetahui dan Mendeskripsikan Proses
Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint interaktif Pada Pembelajaran
Bahasa Indonesia Kelas II MI Al Bashor Sidokumpul Lamongan. (2) Mengetahui
dan Mendeksripsikan kelayakan Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint
interaktif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II MI Al BashorSidokumpul Lamongan. (3) Mengetahui dan Mendeskripsikan Praktikalitas
Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint interaktif Pada Pembelajaran
Bahasa Indonesia Kelas II MI Al Bashor Sidokumpul Lamongan
Penelitian ini mengunakan penelitian pengembangan atau Research and
Development (RnD), dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation dan Evaluation) oleh Dick & Carry. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, angket dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan (1) proses pengembangan produk media
pembelajaran PowerPoint interaktif telah melalui lima tahapan model ADDIE. (2)
kevalidan media pembelajaran dilihat dari validator ahli media sebesar 100%
dengan kategori “sangat valid” dan validator materi sebesar 92,5% dengan
kategori juga “sangat valid” (3) Keefektifan media pembelajaran dilihat dari
respon peserta didik baik itu kelompok kecil sebesar 94% dengan kategori “sangat
efektif” dan kelompok besar sebesar 84% dengan kategori “sangat efektif”, serta
respon guru sebesar 90% dengan kategori “sangat efektif”. Dengan demikian
media pembelajaran PowerPoint berbasis kuis dikatakan layak dengan kategori
sangat valid dan sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Hana Ilma Nafi'a |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 02:34 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 02:34 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30884 |
Actions (login required)
View Item |