Pengaruh Halal Awareness, Religiusitas, Brand Image, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Halal Dengan Preferensi Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Kosmetik Halal di Roxy Square Jember)

Rikza, Ilmi (2023) Pengaruh Halal Awareness, Religiusitas, Brand Image, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Halal Dengan Preferensi Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Kosmetik Halal di Roxy Square Jember). Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
TESIS_ ILMI FARAJUN RIKZA.pdf

Download (9MB)

Abstract

Pemahaman konsep halalan tayyiban adalah prediktor sikap konsumen terhadap kosmetik halal sehingga sikap ini dapat mempengaruhi niat pembelian kosmetik halal. Selain itu, penting bagi para produsen untuk memasukkan sertifikasi/logo halal karena baik konsumen muslim ataupun non Muslim mempersepsikan produk yang tersertifikasi halal ini lebih enak, higienis, dan lebih aman. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa semakin yakin konsumen terhadap kehalalan produk, maka semakin meningkatkan rasa suka (preferensi) konsumen terhadap produk tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis variabel-variabel dalam penelitian yang telah dirumuskan dalam rumusan masalah yang terdiri dari: 1) Apakah halal awareness berpengaruh signifikan terhadap preferensi konsumen produk kosmetik halal? 2) Apakah religiusitas berpengaruh signifikan terhadap preferensi konsumen produk kosmetik halal? 3) Apakah brand image berpengaruh signifikan terhadap preferensi konsumen produk kosmetik halal? 4) Apakah harga berpengaruh signifikan terhadap preferensi konsumen produk kosmetik halal? 5) Apakah halal awareness berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik halal? 6) Apakah religiusitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik halal? 7) Apakah brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik halal? 8) Apakah harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik halal? 9) Apakah preferensi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik halal?
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah non probability sampling dengan pengambilan sampel menggunakan insidental sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan SPSS 22 For Windows.
Adapun kesimpulan dalam penelitian ini : 1) Halal awareness berpengaruh signifikan terhadap preferensi konsumen produk kosmetik halal 2) Religiusitas berpengaruh signifikan terhadap preferensi konsumen produk kosmetik halal 3) Brand image berpengaruh signifikan terhadap preferensi konsumen produk kosmetik halal 4) Harga berpengaruh signifikan terhadap preferensi konsumen produk kosmetik halal 5) Halal awareness berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik halal 6) Religiusitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik halal 7) Brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik halal 8) Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik halal 9) Preferensi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik halal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ilmi Farajun Rikza
Date Deposited: 27 Dec 2023 03:57
Last Modified: 27 Dec 2023 03:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31005

Actions (login required)

View Item View Item