Analisis pengaruh komunikasi pemasaran online terhadap minat beli di Akun Instagram Rifkashira Store

Munawarah, Kholifatul (2023) Analisis pengaruh komunikasi pemasaran online terhadap minat beli di Akun Instagram Rifkashira Store. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Kholifatul Munawarah_D20181078.pdf

Download (979kB)

Abstract

Komunikasi pemasaran merupakan promosi dari organisasi mengenai apa yang ditawarkan dan memberi makna tentang tindakan dalam proses pemasaran yang berdampak pada
benak konsumen. Komunikasi ini dilakukan agar kegiatan pemasaran dapat memberikan dampakyang signifikan terhadap penjualan yang telah dilakukan. Rifkhasira Store juga menjalankan hal yang demikian, akan tetapi berdasarkan strategi pemasaran yang dilakukan secara seimbang tersebut tidak sejalan dengan omzet penjualan produk fashion Rifkhasira store antara offline dan online. Berdasarkan hasil interview dengan Co-owner, terdapat gap omzet yang signifikan antara kedua metode penjualan tersebut dengan nilai rata-rata kontribusi omzet per bulan sebesar 70% dari penjualan offline dan 30% berasal dari penjualan online.
Rumusan masalah ini yaitu Bagaimana pengaruh komunikasi pemasaran online terhadap minat beli konsumen di akun instagram @Rifkhasira_?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
menganalisis pengaruh komunikasi pemasaran online terhadap minat beli konsumen di akun instagram @Rifkhasira_.
Metode penelitian ini yaitu menggunakan penelitian explanatory yaitu suatu penelitian yang menjelaskan hubungan sebab akibat antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis sehingga penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pengikut (follower) akun instagram @Rifkhasira. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 151 pengunjung. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian
ini adalah penyebaran Kuesioner. Olah datanya menggunakan aplikasi SPSS terkait uji validitas, reliabilitas, uji normalitas dan uji T.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran online di akun
Instagram @Rifkhashira_ berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen sebagaimana ditunjukkan oleh hasil uji t variable Komunikasi Pemasarns (Y) memiliki nilai thitung 5.126 > ttabel 1.97601 dengan nilai signifikansi 0,02 yakni kurang dari 0,05. Hasil analisis menunjukkan bawah signifikansi komunikasi pemasaran tersebut didukung marketing Instagram @Rifkhashira yang membuat klasifikasi konten untuk menentukan segmentasi pasar.
Kata Kunci: komunikasi pemasaran; minat beli konsumen; Akun Instagram Rifkashira Store

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Kholifatul Munawarah
Date Deposited: 28 Dec 2023 03:42
Last Modified: 28 Dec 2023 03:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31023

Actions (login required)

View Item View Item