Peran Wisata Bermi Eco Park Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Sekitar Wisata Di Desa Bermi Kabupaten Probolinggo

febrianti, mela anggi (2023) Peran Wisata Bermi Eco Park Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Sekitar Wisata Di Desa Bermi Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mela Anggi Febrianti_E20192226.pdf

Download (3MB)

Abstract

Mela Anggi Febrianti, Dr. Abdul Rokhim, S.Ag, M.E.I., 2023: Peran Wisata Bermi Eco Park Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Sekitar Wisata Di Desa Bermi Kabupaten Probolinggo.
Kata Kunci : Peran Wisata, Ekonomi Masyarakat
Bermi Eco Park merupakan wisata yang berhasil didirikan oleh pemerintah desa dengan para pemuda desa Bermi. Pariwisata memiliki beberapa peranan penting dalam perekonomian masyarakat diantaranya sebagai sumber pendapatan masyarakat daerah tujuan wisata, membuka lapangan pekerjaan, membuka lapangan usaha sehingga dapat mengurangi angka pengangguran daerah tujuan wisata. Adanya wisata ini tentunya membuat perekonomian masyarakat daerah tujuan wisata mengalami perubahan, kemajuan baik dalam segi pendapatan maupun mata pencaharian.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana keadaan ekonomi masyarakat sekitar wisata sebelum dan sesudah adanya wisata Bermi Eco Park?, 2) Apa saja tantangan dan hambatan dalam mengembangkan wisata Bermi Eco Park?
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui keadaan ekonomi masyarakat sekitar wisata sebelum dan sesudah adanya wisata Bermi Eco Park. 2) Untuk mengetahui tantangan dan hambatan pengelola wisata dalam mengembangkan wisata Bermi Eco Park
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah kepala desa Bermi, Ketua BUMDESa Bermi Indah, para ibu-ibu UMKM wisata Bermi Eco Park, karyawan wisata Bermi Eco Park, dan wisatawan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif, sedangkan untuk keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa perekonomian masyarakat sekitar wisata Bermi Eco Park mengalami perubahan dan kemajuan. Wisata ini mampu membuat masyarakat yang sebelumnya tidak memiliki pekerjaan dan tidak memiliki pemasukan setiap harinya menjadi memiliki pekerjaan pemasukan setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan hidupunya dengan cara membuka usaha di sekitar wisata yang telah disediakan oleh pihak wisata dan juga menjadi karyawan wisata. Faktor penghambat pengelola dalam mengembangkan wisata tidak sedikitpun membuat wisata ini sepi pengunjung sehingga membawa dampak yang baik bagi masyarakat desa Bermi terutama masyarakat yang berjualan di tempat yang sudah disediakan oleh pengelola wisata. Adapun faktor penghambat dam mengembangkan wisata adalah : 1) Kondisi jalan menuju wisata tidak baik atau rusak, 2) SDM wisatawan yang kurang, 3)Pemasaran yang kurang maksimal, 4)UKM menjual produk yang monoton

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150601 Impacts of Tourism
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150604 Tourism Marketing
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nn Mela Anggi Febrianti
Date Deposited: 28 Dec 2023 02:44
Last Modified: 28 Dec 2023 02:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31033

Actions (login required)

View Item View Item