Syaiful Umam, Ifa Nur Azizah (2023) Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP As-Syafi'i Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Skripsi Ifa Nur Azizah S.U.pdf Download (6MB) |
Abstract
Ifa Nur Azizah Syaiful Umam, 2023. Penerapan Model Pembelajaran Talking
Stick untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa pada Mata Pelajaran
IPS Kelas VIII di SMP As-Syafi’i Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Talking Stick, Keterampilan Komunikasi
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan komunikasi
siswa yang disebabkan karena kurangnya percaya diri yang dimiliki siswa, siswa
sulit dalam mengemukakan pendapat dan kepribadian yang dimiliki siswa
cenderung pasif, dan kurang aktif.
Fokus Penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran
Talking Stick dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa pada mata
pelajaran IPS kelas VIII di SMP As-Syafi’i Rambipuji Jember Tahun Pelajaran
2022/2023?
Tujuan Penelitian ini: 1) Untuk mengetahui agaimana penerapan model
pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa
pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP As-Syafi’i Rambipuji Jember Tahun
Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas model Suharsimi
Arikunto dalam 2 siklus. Tempat penelitian ini kelas VIII di SMP As-Syafi’i
Rambipuji Jember. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan
observasi dan tes. Instrumen penelitian ini berupa tes, lembar observasi, lembar
angket. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan rumus persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan model pembelajaran
Talking Stick menggunakan jenis penelitian tindakan kelas, penelitian ini
dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus ada dua kali pertemuan dan empat
tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap
refleksi. Setiap pertemuan terdiri dari tiga kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan,
kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Peningkatan keterampilan komunikasi pada
pra siklus dengan persentase sebesar 34,78% dan hasil pretest dengan persentase
30,34% pada tahap siklus I keterampilan komunikasi dengan persentase 56,52%
dan hasil posttest pada siklus I dengan persentase 52,17%. Sebelum melaksanakan
tahap siklus II hasil pretest dengan nilai persentase 34,78% sedangkan pada tahap
siklus II keterampilan komunikasi meningkat dengan persentase 86,95% dan hasil
posttest dengan persentase 86,69%. Hasil tersebut mengalami peningkatan setiap
siklusnya.
Hasil angket pada siklus I model pembelajaran Talking Stick diperoleh
nilai rata-rata sebesar 75,04% dan keterampilan komunikasi diperoleh nilai rata
srata sebesar 75,13%. Sedangkan pada siklus II model pembelajaran Talking Stick
diperoleh nilai rata-rata sebesar 78,26% dan keterampilan komunikasi diperoleh
nilai rata-rata sebesar 78,52%. Hasil tersebut mengalami peningkatan setiap
siklusnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran talking stick, keterampilan komunikasi |
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160808 Sociology and Social Studies of Science and Technology |
Depositing User: | Ifa Nur Azizah Syaiful Umam |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 07:37 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 07:37 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31046 |
Actions (login required)
View Item |