Muhammad, Muhammad Ifan Ubaidillah (2023) STRATEGI PELAYANAN BIRO HAJI DAN UMRAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN DI SHAFIRA TOUR & TRAVEL CABANG JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Islam KH. Achmad Shiddiq Jember.
Text
Muhammad Ifan Ubaidillah_D20194016.pdf Download (2MB) |
Abstract
konsumen di Shafira Tour & Travel Cabang Jember .Strategi pelayanan adalah rangkaian kegiatan yang bersifat tidak terlihat secara fisik dan terjadi melalui interaksi antara pelanggan dan karyawan, atau elemen lain yang disediakan oleh penyedia layanan perusahaan. Tujuannya adalah untuk menyelesaikan masalah atau kebutuhan pelanggan.Fokus permasalahan pada skripsi ini adalah: pertama, Bagaimana Strategi Pelayanan Yang Diberikan Oleh Shafira Tour & Travel Cabang Jember Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen? kedua, Apa tantangan Shafira Tour & Travel Cabang Jember dalam menerapkan strategi Pelayanan dalam upaya Meningkatkan jumlah konsumen ?. sedangkan tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pelayanan yang digunakan Shafira Tour & Travel Cabang Jember untuk meningkatkan jumlah konsumen, untuk mengetahui apa tantangan yang dihadapi Shafira Tour & Travel Cabang Jember.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif, Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah, wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan pada keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekni, dalam melakukan analisis data pada penelitian ini menggunakan 4 tahap yaitu: Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi data.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya strategi pelayanan yang digunakan Shafira Tour & Travel Cabang Jember dalam meningkatkan jumlah konsumen adalah strategi yang disebut dengan sambut sikap yang mana dalam strategi tersebut tidak hanya memberikan sambutan terhadap konsumen atau jamaah akan tetapi juga harus memberikan tindakan atau sikap yang sesuai dengan apa yang disebutkan oleh seorang staf pelayanan, dan di dalam pembuatan strategi pelayanan di Shafira Tour & Travel Cabang Jember meliputi tiga tahapan yaitu: 1. Perumusan strategi 2. Implementasi strategi 3. evaluasi strategi. Tantangan yang dihadapi Shafira Tour & Travel Cabang Jember adalah kompetitor dan semakin berkembangnya teknologi digital akan tetapi hal ini memiliki peluang dan ancaman, peluang yang dapat diambil dari berkembangnya teknologi digital adalah dapat mempermudah shafira tour & travel cabang jember dalam melakukan pemasaran produk atau jasa, sedangkan ancaman adalah perang harga dengan kompetitor lain yang sama-sama menjalani bisnis travel haji dan umroh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150603 Tourism Management |
Depositing User: | Muhammad ifan Ubaidillah |
Date Deposited: | 28 Dec 2023 01:51 |
Last Modified: | 28 Dec 2023 01:51 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31064 |
Actions (login required)
View Item |