Pengaruh Publikasi, Word Of Mouth dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Umroh dan Haji Plus di PT Ebad Al Rahman Wisata Jember

Amartyana Adiningsih, Amartyana (2023) Pengaruh Publikasi, Word Of Mouth dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Umroh dan Haji Plus di PT Ebad Al Rahman Wisata Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Amartyana Adiningsih_D20191018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Amartyana Adiningsih, 2023: Pengaruh Publikasi, Word Of Mouth dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Umroh dan Haji Plus di PT Ebad Al Rahman Wisata Jember.
Kata Kunci : Publikasi, Word Of Mouth, Citra Merek, Keputusan Pembelian.
Haji merupakan rukun islam yang kelima, ibadah yang wajib dilakukan oleh umat islam jika mampu secara jasmani, rohani serta finansial. Dengan banyaknya minat umat islam dalam melaksanakan ibadah haji maka mengakibatkan masa tunggu haji menjadi lama yakni hingga 20 tahun, hal ini membuat banyak masyarakat islam memilih umroh sebagai alternatif dari ibadah haji, dengan berumroh harga yang didapatkan jauh lebih hemat, waktu yang singkat serta tidak perlu mengantri terlalu lama untuk berangkat umroh dibanding dengan melaksanakan ibadah haji. Dengan banyaknya minat masyrakat untuk melaksanakan ibadah umroh tersebut maka banyak pula biro perjalanan umroh yang menawarkan berbagai paket umroh, dari permasalahan itu perusahaan harus mencari cara yang efektif untuk bersaing dengan perusahaan yang sejenis, untuk mendapatkan suatu keputusan pembelian dari konsumen
Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni apakah efektif publikasi, word of mouth serta citra merek terhadap keputusan pembelian umroh dan haji plus di PT Ebad Al Rahman Wisata Jember. Tujuan penelitian ini untuk melihat apakah efektif publikasi, word of mouth dan citra merek dalam memberikan suatu keputusan pembelian di PT Ebad Al Rahman Wisata Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis regresi berganda, dengan teknik pengambilan sampel dan populasi sebanyak 100 responden, teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS 26.0 for windows.
Analisis yang digunakan meliputi uji instrument data (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis regresi berganda , uji asumsi klasik dan uji hipotesis (uji t, koefisien determinasi). Dari hasil analisis tersebut diketahui bahwa publikasi, word of mouth dan citra merek, semuanya berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Dari hasil uji t juga diperoleh hasil publikasi t hitung 5.482 > t table 1.660, word of mouth t hitung 3.333 > t table 1.660 dan citra merek t hitung 1.712 > t table 1.660, dapat disimpulakan bahwa ketiga variabel tersebut berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Amartyana Amartyana Adiningsih
Date Deposited: 27 Dec 2023 07:05
Last Modified: 27 Dec 2023 07:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31070

Actions (login required)

View Item View Item