Pemanfaatan Youtube Bagi Pebelajar Bahasa Inggris Digital Native di Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo

afif, Muhammad Izzul (2023) Pemanfaatan Youtube Bagi Pebelajar Bahasa Inggris Digital Native di Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Izzul Afif-D20191050.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Uses and Gratifications, YouTube, Pembelajar Bahasa Inggris,
Digital native.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang cepat, kini
menuntut para digital native untuk mengenal, memanfaatkan serta memiliki
kemampuan dasar mengenai media digital. Media digital tersebut secara umum
memakai Bahasa Internasional, misalnya Bahasa Inggris. Karenanya, digital
native mau tidak mau juga harus memakai Bahasa Internasional ini. Dalam
internet pasti ada efek negatif dan positifnya, maka dari itu digital native harus
lebih kritis dalam memanfaatkan media pada kehidupan sehari – hari. Dengan
belajar Bahasa Inggris, maka lebih memudahkan pembelajar untuk memahami isi
internet. Ada banyak digital native yang merasakan bahwa internet tidak bisa
dipisahkan dari mereka. Hal ini mengakibatkan kurangnya kontrol diri terhadap
media yang digunakan. Akan tetapi ada beberapa digital native yang bisa
memanfaatkan media seperti YouTube sebagai sarana belajar Bahasa Inggris
mereka.
Fokus masalah pada penelitian ini, yaitu; 1) Bagaimana digital native
memanfaatkan YouTube sebagai sarana belajar bahasa Inggris? 2) Seberapa jauh
digital native menguasai Bahasa Inggris yang dipelajari oleh pembelajar melalui
YouTube? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui cara pembelajar
digital native memanfaatkan media YouTube sebagai sarana pembelajaran
Bahasa Inggris yang alternatif. 2) Mendeskripsikan tingkatan Bahasa Inggris
digital native yang sudah mereka kuasai setelah belajar melalui YouTube.
Dalam penyusunan skripsi, peneliti menggunakan metode
Kualitatif Deskriptif, jenis penelitian Study Kasus, teknik pengumpulan data
menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi dimana data tersebut
diperoleh melalui informan, yaitu orang tua digital native yang ikut terlibat dalam
pembelajaran Bahasa Inggris dan digital native pembelajar Bahasa Inggris.
Hasil dari penelitian ini ialah digital native pembelajar Bahasa Inggris
menggunakan YouTube sebagai sarana belajar mereka dengan cara menonton
YouTube sehari bisa menghabiskan waktu sekitar 4 – 5 jam, terkecuali di hari
libur mereka. Orang tua mereka ikut terlibat dalam proses belajar tersebut dan
terkadang orang tua digital native berinteraksi pada anak – anak mereka
menggunakan Bahasa Inggris. Tontonan yang ditonton oleh digital native,
meliputi tontonan yang menyangkut dengan kata Bahasa Inggris yang
menunjukkan kata benda, hewan dan tumbuhan di awal proses belajar digital
native. Serta tingkatan level Bahasa Inggris digital native pertama sampai pada
level (C1 Advanced) sedaangkan digital native kedua berada di atas level digital
native pertama yaitu (C2 Proficient) dan digital native ketiga masih bisa
dikatakan pemula yaitu (A2 Elemntary).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100509 Video Communications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Afif Muhammad Izzul
Date Deposited: 28 Dec 2023 02:59
Last Modified: 28 Dec 2023 02:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31086

Actions (login required)

View Item View Item