IMPLEMENTASI EKSTRAKULIKULER TATABOGA DALAM MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK TUNAGRAHITA DI SMPLB-BCD YPAC JEMBER

Abadi, Shabrina Alifia (2023) IMPLEMENTASI EKSTRAKULIKULER TATABOGA DALAM MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK TUNAGRAHITA DI SMPLB-BCD YPAC JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Shabrina Alifia Abadi_D20193002 -1.pdf

Download (7MB)

Abstract

Anak tunagrahita adalah anak yang memiliki IQ jauh dibawah rata-rata
anak normal lainnya, hal ini menyebabkan beberapa aspek yang ada pada anak
tunagrahita berkembang cukup lambat. Salah satunya adalah aspek kognitifnya.
Maka dari ini perlu perhatian dan pelatihan lebih ekstra agar aspek kognitif para
anak tunagrahita bisa tetap berkembang sebagaimana standart usianya. Di
SMPLB-BCD YPAC Jember memiliki banyak kegiatan yang bisa digunakan
untuk mengembangkan kognitif anak tunagrahita, salah satunya adalah
ekstrakulikuler tataboga. Tujuan penelitian ini yaitu uuntuk memperoleh informasi
terkait implementasi ekstrakulikuler tataboga dalam mengembangkan kognitif
anak tunagrahita di SMPLB-BCD YPAC Jember.
Fokuspenelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana
penerapan ekstrakulikuler tataboga dalam mengembangkan kognitif anak
tunagrahita di SMPLB-BCD YPAC Jember ? 2) Apa saja penghambat dan
pendukung anak tunagrahita dalam mengembangkan kognitifnya pada kegiatan
ekstrakulikuler keterampilan tataboga di SMPLB-BCD YPAC Jember ?. Untuk
mengidentifikasi permasalahan terebut, penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Uji keabsahan data yang digunakan
yaitu triangulasi metode dan triangulasi sumber. Adapun teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Kegiatan ekstrakulikuler
tataboga yang dilaksanakan di SMPLB-BCD YPAC Jember ini bisa menjadi salah
satu opsi kegiatan yang efektif dalam mengembangkan kognitif para siswa nya
terutama siswa tunagrahita. Anak tunagrahita jadi bisa mengenal macam macam
bentuk geometri, warna, dan urutan bilangan dengan benar karena adanya sesi
tanya jawab yang dilakukan oleh guru pembimbing dalam setiap tahapan proses
pelaksanaan ekstrakulikuler tataboga dengan memanfaatkan alat dan bahan-bahan
masakan sebagai medianya. 2) Faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi
anak tunagrahita dalam pelaksanaan kegiatan tataboga di SMPLB-BCD YPAC
Jember adalah anak susah memusatkan perhatian dan konsentrasinya, anak mudah
tantrum, anak kesulitan dalam mengingat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences > 170205 Neurocognitive Patterns and Neural Networks
Depositing User: Shabrina Alifia Abadi
Date Deposited: 29 Dec 2023 02:15
Last Modified: 29 Dec 2023 02:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31241

Actions (login required)

View Item View Item