Peran Guru Pembimbing Khusus (GPK) bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di SD Al-Irsyad Al Islamiyyah Jember

Karimah, Rofi'atul (2023) Peran Guru Pembimbing Khusus (GPK) bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di SD Al-Irsyad Al Islamiyyah Jember. Undergraduate thesis, UIN Kyai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rofi'atul Karimah_D20195088.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Rofi’atul Karimah, 2023: “Peran Guru Pembimbing Khusus (GPK) bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember”
Kata Kunci: Guru Pendamping Khusus (GPK), Anak Berkebutuhan Khusus, Sekolah Inklusi
Anak yang dilahirkan pastinya berbeda antar satu sama lain, bahkan terkadang ada anak yang lahir memiliki keistimewaan tersendiri. Yang dimaksud anak istimewa disini adalah anak yang memiliki kebutuhan khusus yakni anak yang memiliki keterbatasan kemampuan baik fisik, mental, dan emosi sesuai dengan anak seusianya sehingga membutuhkan perlakuan khusus. Karena masing-masing dari anak berkebutuhan khusus (ABK) sudah dipastikan membutuhkan perlakuan khusus salah satunya dalam bidang pendidikan, bentuk fasilitas pendidikan yang diperuntukkan khusus bagi ABK salah satunya sekolah inklusi. Sekolah inklusi adalah sekolah yang mengikutsertakan siswa reguler dengan siswa berkebutuhan khusus dalam satu kelas tanpa memandang latar belakang namun dengan tetap memberikan peluang pembelajaran yang sama sehingga siswa dapat mengembangkan potensi sesuai dengan kemampuannya. Pada sekolah yang menyelenggarakan sistem inklusi seharusnya dapat menyediakan guru pendamping khusus dan guru pembimbing khusus (GPK) dituntut mempunyai kompetensi yang mumpuni serta berlatar belakang pendidikan luar biasa dalam mendampingi secara langsung (interpersonal) siswa berkebutuhan khusus.
Fokus pada penelitian ini ada dua yaitu: 1. Bagaimana peran guru pembimbing khusus (GPK) dalam membimbing siswa berkebutuhan khusus di SD Al-Irsyad Jember ? 2. Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru pembimbing khusus (GPK) dalam membimbing siswa berkebutuhan khusus di SD Al-Irsyad Jember?.
Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggabungkan analisa yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan tentang peran GPK bagi ABK di SD Al-Irsyad Jember adalah, (1) sebagai pendamping bagi siswa ABK dalam memberikan layanan di berbagai aspek baik di dalam maupun di luar kelas, (2) sebagai pengelola kelas, GPK membantu guru kelas dan guru pendamping kelas dalam mengkondisikan kelas inklusi karena GPK yang mendampingi secara interpersonal siswa ABK, (3) sebagai motivator dan fasilitator dalam pemberian motivasi agar siswa ABK semanagat belajar di sekolah, (4) sebagai evaluator dalam merancang kurikulum yang dimodifikasi yaitu EIP (Individualized Educational Program), dan GPK menulis pada buku laporan (daily report) yang bertujuan untuk memantau perkembangan siswa setiap hari dan media laporan kepada orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Depositing User: Rofiatul Karimah Rima
Date Deposited: 28 Dec 2023 07:18
Last Modified: 28 Dec 2023 07:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31243

Actions (login required)

View Item View Item