ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA AS-SAIFIYAH SYAFI'IYAH PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2022-2023

Hidayat, Nurul (2023) ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA AS-SAIFIYAH SYAFI'IYAH PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2022-2023. Undergraduate thesis, UIN khas Jember.

[img] Text
Nurul Hidayat _T20188079.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurul Hidayat, 2023: Analisis Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA As-Saifiyah Syafi'iyah Pamekasan Tahun Pelajaran 2022-2023.

Kata Kunci: Analisis, Kemandirian Belajar, As-Saifiyah Syafi'iyah Pamekasan
.
Kemandirian belajar adalah sikap belajar peserta didik yang lebih didorong oleh kemauan sendiri. Melalui kemandirian belajar peserta didik diharapkan dapat melakukan kegiatan belajar aktif sehingga peserta didik terampil dalam menguasai suatu kompetensi. Kunci terbentuknya kemandirian belajar adalah motivasi dan minat, kemandirian belajar tidak akan tumbuh tanpa adanya motivasi dan minat belajar yang .
Fokus yang diambil oleh peneliti dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas XI IPA SMA As-Saifiyah Syafi'iyah Pamekasan tahun pelajaran 2022-2023? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran biologi di kelas XI IPA SMA As-Saifiyah Syafi'iyah Pamekasan tahun pelajaran 2022-2023?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas XI IPA SMA As-Saifiyah Syafi'iyah Pamekasan tahun pelajaran 2022-2023. (2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran biologi di kelas XI IPA SMA As-Saifiyah Syafi'iyah Pamekasan tahun pelajaran 2022-2023.
Jenis penelitian ini ialah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru biologi dan siswa kelas XI. Penentuan sumber data pada penelitian ini menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi beberapa langkah pada penelitian ini, yaitu kondensasi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti menyatakan bahwa : (1) Tingkat kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran biologi di kelas di Kelas XI IPA SMA As-Saifiyah Syafi'iyah Pamekasan Tahun Pelajaran 2022-2023 sudah melaksanakan kemandirian belajar sesuia indikator kemandirian belajar namun masih ada siswa yang kurang percaya diri, tanggungjawab dan disiplin dalam belajar sehingga perlu penekanan kembali. (2) Faktor penghambat meningkatkan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran biologi di kelas di Kelas XI IPA SMA As-Saifiyah Syafi'iyah Pamekasan Tahun Pelajaran 2022-2023 terdiri dari kurang fasilitas pembelajaran, kegiatan pondok khusus kelas XI yang padat, kurangnya kesadaran diri. (3) Upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran biologi di kelas di Kelas XI IPA SMA As-Saifiyah Syafi'iyah Pamekasan Tahun Pelajaran 2022-2023: melalui pembiasaan, pemberian penghargaan/reward, pemberian hukuman dan pemberian bimbingan, serta didukung oleh kegiatan pondok pesantren yang mendorong siswa siswinya melaksanakan kemandiriaan belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069902 Global Change Biology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Nurul Hidayat
Date Deposited: 04 Jan 2024 07:05
Last Modified: 04 Jan 2024 07:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31460

Actions (login required)

View Item View Item