Nurhasanah, Yeni (2023) Kemampuan Representasi Matematis Siswa dengan Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran di Kelas SMPN 1 Tiris Probolinggo. Undergraduate thesis, Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Prodi Tadris Matematika.
Text
SKRIPSI, Yeni Nurhasanah_T20197088.pdf Download (7MB) |
Abstract
Kata kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Gaya Kognitif, FieldDependent dan Field IndependentKemampuan representasi matematis yaitu kemampuan siswa dalammenyampaikan ide-ide atau cara berpikirnya dalam menyelesaikan persoalanmatematika dengan berbagai cara. Setiap siswa juga memiliki karakteristik berbeda Penelitian ini berfokus pada : 1) Bagaimana kemampuan representasi matematis siswa dengan gaya kognitif field dependent dalam menyelesaikan soal lingkarankelas VIII SMPN 1 Tiris Probolinggo?. 2) Bagaimana kemampuan representasimatematis siswa dengan gaya kognitif field independent dalam menyelesaikan soallingkaran kelas VIII SMPN 1 Tiris Probolinggo?Tujuan pada penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan kemampuanrepresentasi matematis siswa dengan gaya kognitif field dependent dalammenyelesaikan soal lingkaran kelas VIII SMPN 1 Tiris Probolinggo. 2) Untukmendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dengan gaya kognitiffield independent dalam menyelesaikan soal lingkaran kelas VIII SMPN 1 TirisProbolinggo.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatankualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara, dandokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi teknik dan triangulasi waktu.Analisis data pada penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data danpenarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Siswa dengan gaya kognitif fielddependent tidak mampu memenuhi indikator kemampuan representasi kata-kataatau teks tertulis dengan narasi berupa teks pada lembar jawaban, namun siswadengan gaya kognitif field dependent dapat memenuhi indikator kemampuanrepresentasi gambar dan kemampuan representasi ekspresi matematis hal ini dilihat dari hasil pengerjaan soal siswa pada materi lingkaran. 2) Siswa dengan gayakognitif field independent mampu menyelesaikan indikator kemampuanrepresentasi matematis berupa representasi gambar, representasi ekspresimatematis dan representasi kata-kata atau teks tertulis dalam memecahkan soaldengan membuat bentuk persamaan, membuat gambar dari soal, danmenyimpulkan jawaban soal melalui kata-kata atau teks tertulis. Dapat disimpulkanbahwa siswa dengan gaya kognitif field independent mampu memenuhi indikatorkemampuan representasi matematis dalam menyelesaikan soal lingkarandibandingkan siswa dengan gaya kognitif field dependent
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms YNH Yeni Nur Hasanah |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 03:37 |
Last Modified: | 04 Jan 2024 03:37 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31497 |
Actions (login required)
View Item |