Purnomo, M. Hadi (2016) Pendidikan Islam: integrasi nilai-nilai humanis, liberasi dan transendensi; sebuah gagasan paradigma baru pendidikan Islam. Edisi Revisi . Absolute Media, Yogyakarta. ISBN 978-602-96063-2-4
|
Text
Pendidikan Islam integrasi nilai-nilai humanis, liberasi dan transendensi; sebuah gagasan paradigma baru pendidikan.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan Islam karena sebagai agen perubahan sosial (social change), pendidikan Islam yang berada dalam atmosfir modernisasi dan globalisasi, dewasa ini dituntut untuk mampu memainkan perannya secara dinamis dan proaktif. Kehadirannya diharapkan mampu membawa perubahan dan kontribusi yang berarti bagi perbaikan ummat Islam, baik pada tataran intelektual teoritis maupun praktis. Pendidikan Islam bukan sekedar proses penanaman nilai-nilai moral untuk membentengi diri dari akses negatif globalisasi. Tetapi yang paling urgen adalah bagaimana nilai-nilai moral yang telah ditanamkan pendidikan Islam tersebut mampu berperan sebagai kekuatan pembebas (liberating force) dari himpitan kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan sosial budaya, dan ekonomi. Dari pendidikan Islam yang masih cenderung bersifat dikotomis yang selama ini terpisah secara diametral, yakni pendidikan hanya menekankan dimensi transendensi tanpa memberi ruang gerak pada aspek humanisasi dan libersi dan pendidikan Islam hanya menekankan dimensi humanisasi dan liberasi dengan mengabaikan aspek transendensi. Dalam teori sosialnya Kuntowijoyo (alm) disebut Ilmu Sosial Profetik.
Item Type: | Book |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan Islam, humanis, liberasi, transendensi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Depositing User: | Haryono Raiman |
Date Deposited: | 04 Apr 2019 07:28 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 07:28 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/315 |
Actions (login required)
View Item |