Shun, Inayatillah (2024) Upaya Guru Pembimbing Khusus dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Anak Tunarungu dengan Teknik Modelling di Kelas Inklusi MI Al-Ma'arif 02 Jombang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Shun Inayatillah D20183081.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Shun Inayatillah, 2023 : “Upaya Guru Pembimbing Khusus dalam
Meningkatkan Kemandirian Belajar Anak Tunarungu dengan Teknik Modelling di
Kelas Inklusi MI Al-Ma’arif 02 Jombang Jember”
Anak tunarungu adalah anak dengan karakteristik yang berbeda dengan
anak normal lainnya. Hal ini dikarenakan adanya gangguan pendengaran yang
dialami anak tunarungu. Salah satu gangguan yang terjadi pada anak tunarungu
adalah kemandirian belajarnya yang rendah. Rendahnya kemandirian belajar pada
anak tunarungu ini memerlukan penanganan yang tepat, salah satunya adalah
dengan menerapkan konseling behavioral dengan teknik modelling.
Fokus penelitian skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses upaya guru
pembimbing khusus dalam meningkatkan kemandirian belajar anak tunarungu
dengan teknik modelling di kelas inklusi MI Al-Ma’arif 02 Jombang Jember? 2)
Bagaimana hasil upaya guru pembimbing khusus dalam meningkatkan
kemandirian belajar anak tunarungu dengan teknik modelling di kelas inklusi MI
Al-Ma’arif 02 Jombang Jember? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk
mendeskripsikan proses upaya guru pembimbing khusus dalam meningkatkan
kemandirian belajar anak tunarungu dengan teknik modelling di kelas inklusi MI
Al-Ma’arif 02 Jombang Jember. 2) Untuk mendeskripsikan hasil upaya guru
pembimbing khusus dalam meningkatkan kemandirian belajar anak tunarungu
dengan teknik modelling di kelas inklusi MI Al-Ma’arif 02 Jombang Jember.
Metode penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif
deskriptif. Pemilihan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling.
Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menurut Miles dan
Huberman meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perubahan yang signifikan
terhadap kemandirian anak tunarungu. Hal ini ditunjukkan dengan perubahan
sikap anak-anak tunarungu yang lebih disiplin dalam belajar, lebih percaya diri,
lebih aktif dalam belajar serta sudah menunjukkan sikap bertanggungjawab
terhadap belajarnya.
Kata Kunci: Guru Pembimbing Khusus, Kemandirian Belajar, Tunarungu
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Depositing User: | Mrs Shun Inayatillah |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 02:18 |
Last Modified: | 04 Jan 2024 02:18 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31548 |
Actions (login required)
View Item |