Strategi Guru Bimbingan Konseling Dalam Meminimalisasi Verbal Bullying Di SMPN 4 Kalisat Kabupaten Jember

Fahrizal, Muhammad (2023) Strategi Guru Bimbingan Konseling Dalam Meminimalisasi Verbal Bullying Di SMPN 4 Kalisat Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
M.FAHRIZAL_D20193049.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata kunci: Guru Bimbingan konseling, Bullying
Strategi guru bimbingan konseling merupakan rencana yang bersifat prosedural untuk membantu konseli dalam memecahkan masalah yang dihadapinya. Sedangkan bullying adalah suatu tindakan atau perilaku yang dilakukan dengan cara menyakiti dalam bentuk verbal maupun non-verbal oleh individu atau kelompok individu yang merasa lebih kuat daripada korban yang lebih lemah fisik maupun mental secara berulang-ulang tanpa ada perlawanan dengan tujuan membuat korban menderita.
Adapun fokus penelitian yang diambil ialah 1). Bagaimana strategi guru bimbingan konseling dalam meminimalisasi verbal bullying di SMPN 4 Kalisat?, 2). Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam meminimalisasi verbal bullying di SMPN 4 Kalisat?.
Tujuan penelitian: 1). Untuk mendeskripsikan strategi guru bimbingan konseling dalam meminimalisasi verbal bullying di SMPN 4 Kalisat Kab. Jember. 2). Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam meminimalisasi verbal bullying di SMPN 4 Kalisat Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendeketan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data pada penelitian menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa strategi yang digunakan oleh guru bimbingan konseling ialah 1). Konseling individu yakni proses konseling yang dilakukan secara tatap muka antara konselor dan konseli (siswa), 2). Konsultasi yakni guru bimbingan konseling memberikan solusi kepada siswa yang mengalami bullying, 3). Konseling kelompok yakni kegiatan yang dapat dilakukan oleh guru bimbingan konseling dengan cara memaparkan tentang bullying dan dampaknya dikelas. Sedangkan untuk faktor pendukung dan penghambat ialah dukungan dari staf sekolah itu sendiri dan penghambat yaitu kurangnya kesadaran dari siswa pentingnya menghormati dan menghargai perasaan orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mr Fahrizal Muhammad Fahrizal
Date Deposited: 05 Jan 2024 01:44
Last Modified: 05 Jan 2024 01:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31613

Actions (login required)

View Item View Item