Implementasi kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada peserta didik berkebutuhan khusus (tunarungu) Di Sekolah Luar Biasa ABC Balung Tahun Pelajaran 2023/2024

Febriani, Fera (2023) Implementasi kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada peserta didik berkebutuhan khusus (tunarungu) Di Sekolah Luar Biasa ABC Balung Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
FERA FEBRIANI_NIM.T20181050.pdf

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK
Fera Febriani, 2023: Impelementasi Kompetensi Pedagogik Guru dalam Meningkatkan
Keaktifan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Pada Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam jenjang SMA Di SLB ABC Balung Tahun Pelajaran 2023/2024.
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Guru, Meningkatkan Keaktifan, Berkebutuhan Khusus
(Tunarungu)
Proses belajar mengajar atau pembelajaran merupakan aktivitas yang dilakukan antara
guru dan peserta didik dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Begitu pentingnya
pembangunan di bidang pendidikan dalam kaitanya dengan pembangunan nasional,
pemerintah telah menyadari bahwa pendidikan harus terus menerus meningkatkan kulitas dan
kuantitasnya. Namun kenyataannya, tidak semua kondisi peserta didik sama. Hal ini yang
menjadi perhatian bagi pemerintah dan guru. Di indonesia terdapat sebutan peserta didik
berkebutuhan khusus (ABK). ABK adalah peserta didik dengan karakteristik khusus yang
berbeda dengan peserta didik pada umumnya. Peserta didik yang dalam proses
pertumbuhannya mengalami kelainan atau penyimpangan fisik, intelektual, sosial, dan
emosional dibanding dengan peserta didik-peserta didik seusianya, sehingga mereka
memerlukan pelayanan pendidikan khusus.
Fokus penelitian skripsi ini adalah: Pertama, Bagaimana perencanaan pembelajaran
guru dalam meningkatkan keaktifan peserta didik berkebutuhan khusus (tuna rungu) pada
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam jenjang SMA Di SLB ABC Balung Tahun Pelajaran
2023/2024? Kedua, Bagaimana pelaksanaan pembelajaran guru dalam meningkatkan
keaktifan peserta didik berkebutuhan khusus (tuna rungu) pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam jenjang SMA Di SLB ABC Balung Tahun Pelajaran 2023/2024? Ketiga,
Bagaimana evaluasi pembelajaran guru dalam meningkatkan keaktifan peserta didik
berkebutuhan khusus (tuna rungu) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam jenjang
SMA Di SLB ABC Balung Tahun Pelajaran 2023/2024?
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yaitu penelitian
lapangan. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model Miles dan Huberman dan
keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil Penelitian dari Implementasi kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran
Pendidikan Agama Islam pada peserta didik berkebutuhan khusus (tunarungu) Di Sekolah
Luar Biasa ABC Balung Tahun Pelajaran 2023/2024 yaitu 1) Perencanaan yang dilakukan
meliputi, identifiksi kebutuhan, identifikasi kompetensi dan penyusunan program
pembelajaran, 2) pelaksanaan melalui tiga tahap yakni pre tes, proses dan post tes 3) Terakhir
evaluasi yaitu dengan melakukan penilian kelas yang mencakup tiga aspek yakni aspek
pengetahuan, aspek keterampilan, serta aspek sikap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fera Febriani
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:13
Last Modified: 08 Jan 2024 03:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31672

Actions (login required)

View Item View Item