Pandangan mahasiswa UIN Khas Jember tentang Minat beli online shop perspektif ekonomi Islam pada mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Tahun Angkatan 2020

Febriyanti, Alivia (2024) Pandangan mahasiswa UIN Khas Jember tentang Minat beli online shop perspektif ekonomi Islam pada mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Tahun Angkatan 2020. Undergraduate thesis, UIN Khas Jember.

[img] Text
Alivia febriyanti Nim. E20182141.pdf

Download (2MB)

Abstract

Alivia Febriyanti, M. Daud Rhosyidy, S.E,.M.E., 2023: Pandangan Mahasiswa UIN KHAS Jember Tentang Minat Beli Online Shop Perspektif Ekonomi Islam Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Tahun Angkatan 2020.

Perkembangan teknologi pada saat ini telah berpindah ke periode di mana pertukaran transaksi tidak lagi dilakukan tatap muka secara langsung melainkan sudah menggunakan media sosial. Jual beli ialah bentuk dasar dari kegiatan ekonomi manusia dan merupakan aktivitas yang sangat diajurkan dalam ajaran Islam. Bahkan Rasulullah SAW telah menyatakan bahwa 9 dari 10 pintu rezeki ialah melalui pintu berdagang (al-hadits). Oleh karena itu maka diperlukan adanya penelitian tentang Pandangan Mahasiswa UIN KHAS Jember Tentang Minat Beli Online Shop Perspektif Ekonomi Islam Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Tahun Angkatan 2020.
Fokus penelitian dalam penelitian ini ialah: 1. Bagaimana Pandangan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Angkatan 2020 Tentang Minat beli Online Shop Perspektif Ekonomi Islam?, 2. Apa Saja Yang Mempengaruhi Minat Beli Online Shop Kepada Mahasiswa UIN KHAS Jember Jurusan Ekonomi Syariah Angkatan 2020?.
Tujuan dalam penelitian ini ialah: 1. Untuk Mengetahui Pandangan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Angkatan 2020 Tentang Minat Beli Online Shop Perspektif Ekonomi Islam. 2. Untuk Mengetahui Apa saja Yang Mempengaruhi Minat Beli Online Shop Kepada Mahasiswa UIN KHAS Jember Jurusan Ekonomi Syariah Angkatan 2020.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian yakni mahasiswa UIN KHAS Jember Pada Jurusan Ekonomi Syariah Tahun Angkatan 2020. Analisis data yang digunakan yaitu yang terdiri dari tiga langkah, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: 1. Minat beli yang dilakukan oleh Mahasiswa UIN KHAS Jember pada Jurusan Ekonomi Syariah Angkatan 2020 sebelumnya mengalami ketertipuan barang. Dengan adanya minat beli di aplikasi Online shop Mahasiswa tidak perlu lagi pergi ke pasar cukup dilakukan dirumah. Pembelian barang oleh mahasiswa karena ketertarikan pada harga barang murah. Transaksi jual beli online shop diperbolehkan selagi tidak terdapat unsur keribaan, penipuan, kerugian saat pembelian barang. Ekonomi Islam memperbolehkan perdagangan melalui internet asalkan sesuai dengan hadits dan peraturan Al-Qur’an. 2. Adanya potongan harga barang, gratis ongkir, kualitas barang dan rating toko online shop yang bagus adalah salah satu pengaruh minat beli Mahasiswa untuk melakukan pembelian di online.

Kata Kunci: Minat Beli,Online Shop, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Depositing User: Alivia Febriyanti
Date Deposited: 25 Apr 2024 02:09
Last Modified: 25 Apr 2024 02:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32370

Actions (login required)

View Item View Item