SAIFUL, MUHAMMAD (2024) PEMBIASAAN NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UIN KHAS KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text (SK - 032 - PAI - 2024)
MUHAMMAD SAIFUL_T20191103.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Pembiasaan nilai-nilai religius dalam Pendidikan agama Islam
sangat urgen sekali dalam dunia pendidikan, sebab melalui wasilah pembiasaan pendidikan agama Islam anak didik bisa tau caranya sholat,puasa, tata krama yang baik dan rambu-rambu dalam Islam. Pembiasaan pendidikan agama bersifat integral dalam dunia anak. Masyarakat semakin melupakan pendidikan agama dan moral yang berlaku. Banyaknya penyimpangan menggambarkan banyak manusia yang semakin
mengesampingkan akhlak. Adanya penyimpangan tersebut yang melandasi penelti untuk menelaah lebih lanjut mengenai pembiasaan nilai-nilai religius dalam pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Bondowoso.
Fokus penelitian dalam hal ini adalah (1) Bagaimana Pembiasaan nilai-nilai religius dalam pendidikan agama Islam di MTsN 3 Bondowoso, (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dari pembiasaan nilai-nilai religius dalam pendidikan agama Islam di MTsN 3 Bondowoso. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pembiasaan nilainilai religius dalam pendidikan agama Islam di MTsN 3 Bondowoso, (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembiasaan nilai-nilai religius dalam pendidikan agama Islam di MTsN 3 Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis
penelitian studi kasus. Adapun pengumpulan data penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis data yakni kondensasi data, data display, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan uji keabsahan datanya menggunakan
triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa: pembiasaan nilai-nilai religius dalam pendidikan agama Islam di MTsN 3 Bondowoso meliputi: 1). Keteladanan Guru 2). Kegiatan rutinan 3). Nasehat, dan Nilai-nilai religius yang dikembangkan di MTsN 3 Bondowoso adalah a) nilai ibadah, b) akhlakul karimah, c) kedisiplin, d) keteladanan. Adapun faktor pendukung
dan penghambat pembiasaan nilai-nilai religius dalam pendidikan agama Islam di MTsN 3 Bondowoso, 1). Faktor pendukung: a) Kebijakan kepala madrasah b) Sarana (Mushollah) c) Peran guru, 2). Faktor penghambat: a) Kurangnya kesadaran siswa.
Kata Kunci : Pembiasaan, Nilai-Nilai Religius, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembiasaan, Nilai-Nilai Religius, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MUHAMMAD SAIFUL T20191103 |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 01:21 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 01:21 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32421 |
Actions (login required)
View Item |