Pengaruh Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Terhadap Kemiskinan di Provinsi Jawa Timur Dalam Prespektif Ekonomi Islam

Sari, Indah Ratna (2024) Pengaruh Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Terhadap Kemiskinan di Provinsi Jawa Timur Dalam Prespektif Ekonomi Islam. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Indah Ratna Sari _204105020111.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kemiskinan merupakan problematika yang kompleks dan menjadi tantangan dalam upaya pembangunan wilayah. Islam juga memandang kemiskinan suatu masalah yang harus diselesaikan agar tidak menimbulkan kejahatan atau kekafiran. Provinsi Jawa Timur salah satu Provinsi yang mampu menurunkan angka kemiskinan tertinggi di Indonesia. Kemiskinan salah satunya juga disebabkan oleh beberapa faktor yaitu variabel PDRB, IPM, dan TPT dapat mempengaruhi tingkat kemiskinan secara signifikan di Provinsi Jawa Timur.

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1). Apakah PDRB mempengaruhi kemiskinan di Jawa Timur. 2). Apakah IPM mempengaruhi kemiskinan di Jawa timur. 3). Apakah TPT mempengaruhi kemiskinan di Jawa Timur. 4. Apakah PDRB, IPM, TPT secara simultan atau bersama-sama mempengaruhi kemiskinan di Jawa Timur dalam prespektif ekonomi islam. Tujuan dari penelitian ini adalah :1). Untuk mendiskripsikan pengaruh PDRB terhadap Kemiskinan di Jawa Timur dalam Prespektif Ekonomi Islam. 2). Untuk mendiskripsikan pengaruh IPM terhadap Kemiskinan di Jawa Timur dalam Prespektif Ekonomi Islam. 3). Untuk mendiskripsikan pengaruh TPT terhadap Kemiskinan di Jawa Timur dalam Prespektif Ekonomi Islam. 4). Untuk mendeskripsikan seberapa besar pengaruh PDRB, IPM, TPT secara bersama-sama terhadap Kemiskinan di Jawa Timur dalam Prespektif Ekonomi Islam.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis peneltian deskripstif. Data yang digunakan yaitu data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur, sedangkan metode analisis menggunakan regresi data panel sebagai data cross section 38 kabupaten/kota di Jawa Timur, dan time series dari tahun 2018-2022 dengan total sampel sebanyak 760 sampel dengan bantuan alat statistik E-views 9.0.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kemiskinan di Jawa Timur, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Kemiskinan di Provinsi Jawa Timur, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kemiskinan di Jawa Timur. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1). PDRB berpengaruh positif dan signifikan. 2) IPM berpengaruh negatif dan signifikan 3) TPT berpengaruh positif dan signifikan 4) PDRB, IPM, TPT berpengaruh signifikan terhadap kemiskinan di Jawa timur dengan nilai 54,4190%, sedangkan sisanya 45.581% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian ini.

Kata Kunci :PDRB;Indeks Pembangunan; Pengangguran; Kemiskinan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140214 Public Economics- Publically Provided Goods
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140215 Public Economics- Taxation and Revenue
Depositing User: Indah Ratna Sari
Date Deposited: 29 Apr 2024 02:41
Last Modified: 29 Apr 2024 02:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32436

Actions (login required)

View Item View Item