IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB TARBIYAH AṢ-ṢIBYĀN DALAM MEMBENTUK NILAI-NILAI AKHLAK PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM JEMBER

Zairotin, Najah R (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB TARBIYAH AṢ-ṢIBYĀN DALAM MEMBENTUK NILAI-NILAI AKHLAK PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM JEMBER. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Tesis Zairotin Najah R_33206030033 watermark.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Zairotin Najah R, 2024, Implementasi Pembelajaran Kitab Tarbiyah Aṣ-Ṣibyān
Dalam Membentuk Nilai-Nilai Akhlak Pada Santri di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) KH. Achmad Siddiq Jember. Pembimbin I Prof. Dr. H. Moh. Khusnuridlo, M. Pd. Pembimbing II Dr. Hj. Fathiyaturrahmah, M. Ag.

Kata Kunci : Implementasi Pembelajaran, Kitab Tarbiyah Aṣ-Ṣibyān, Nilai-Nilai Akhlak

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia karena merupakan suatu cara dalam membentuk kepribadian untuk mencapai tujuan dan sasaran hidup. Saat ini, pesantren telah mengubah beberapa sistem pembelajarannya dan menerima perubahan sesuai dengan tuntutan zaman. Dalam membentuk nilai-nilai akhak seseorang, lingkungan pondok pesantren telah memainkan peranan yang besar dalam usaha memperkuat iman, meningkatkan ketakwaan, membina akhlaq mulia,
Fokus penelitiannya dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimana perencanaan pembelajaran kitab Tarbiyah Aṣ-Ṣibyān dalam membentuk nilai-nilai akhlak Pada santri di pondok pesantren Nurul Islam Jember, 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab Tarbiyah Aṣ-Ṣibyān dalam membentuk nilai-nilai akhlak pada santri di pondok pesantren Nurul Islam Jember, 3) bagaimana evaluasi pembelajaran kitab Tarbiyah Aṣ-Ṣibyān dalam membentuk nilai-nilai akhlak pada santri di pondok pesantren Nurul Islam Jember. Tujuan penelitiannya adalah 1) untuk menganalisis perencanaan pembelajaran kitab Tarbiyah Aṣ-Ṣibyān dalam membentuk nilai-nilai akhlak Pada santri di pondok pesantren Nurul Islam Jember, 2) untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran kitab Tarbiyah Aṣ-Ṣibyān dalam membentuk nilai-nilai akhlak pada santri di pondok pesantren Nurul Islam Jember, 3) untuk menganalisis evaluasi pembelajaran kitab Tarbiyah Aṣ-Ṣibyān dalam membentuk nilai-nilai akhlak pada santri di pondok pesantren Nurul Islam Jember.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian dekriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive yaitu memiilih informan yang berkaitan dengan penelitian, diantaranya: pengasuh, kabid pesantren, kepala biro pendidikan diniyah, ustad dan santri. Analisis data menggunakan kondensasi data, pemaparan data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini 1) perencanaan pembelajaran kitab Tarbiyah Aṣ-Ṣibyān dalam membentuk nilai-nilai akhlak pada santri di pondok pesantren Nurul Islam yang dilakukan oleh para pengurus dan asatudz meliputi: merumuskan tujuan, mengidentifikasi sumber daya dan menyiapkan bahan ajar. 2) pelaksanaan pembelajaran kitab Tarbiyah Aṣ-Ṣibyān dalam membentuk nilai-nilai akhlak pada santri mempunyai tiga kegiatan penting yaitu pendahuluan, kegiatan inti dan penutup, 3) evaluasi pembelajaran kitab Tarbiyah Aṣ-Ṣibyān dalam membentuk nilai-nilai akhlak pada santri dilakukan dengan 3 penialaian, yaitu tes tulis, tes lisan dan penilaian kepribadian sehari-hari.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zairotin Najah R
Date Deposited: 30 Apr 2024 02:04
Last Modified: 30 Apr 2024 02:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32468

Actions (login required)

View Item View Item