Peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter sopan santun dan disiplin di SMP Plus Darus Sholah Jember

Nasihin, Achmad Fitrotun (2024) Peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter sopan santun dan disiplin di SMP Plus Darus Sholah Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text (SK - 035 - PAI - 2024)
ACHMAD FITROTUN NASIHIN_NIM.T20191278.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Abstrak
Peran guru adalah peran penting sebagai pengganti orang tua di sekolah, orang yang bertanggung jawab mencerdaskan kehidupan anak didik. Setiap hari guru meluangkan waktu demi kepentingan anak didik. Anak didik yang sakit, tidak bergairah belajar, dan sebagainya, semuanya menjadi perhatian guru.Adapun fokus penelitian ini yaitu 1) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam Sebagai motivator dalam membentuk karakter sopan santun dan disiplin di SMP Plus Darus Sholah?, 2) Bagaimana peran guru pendidikan agama islam sebagai teladan dalam membentuk karakter sopan santun dan disiplin di SMP Plus Darus Sholah?, 3) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam sebagai pendidik dalam membentuk karakter sopan santun dan disiplin di SMP Plus Darus Sholah?.Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam membentuk karakter sopan santu dan disiplin di SMP Plus Darus Sholah Jember., 2) Untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama islam sebagai teladan dalam membentuk karakter sopan santu dan disiplin di SMP Plus Darus Sholah Jember, 3) Untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama Islam sebagai pendidik dalam membentuk karakter sopan santu dan disiplin di SMP Plus Darus Sholah Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Tahap penelitian dalam penelitian ini yaitu persiapan, pelaksanaan dan penyusunan laporan.Hasil Penelitian ini yaitu: Peran guru PAI sebagai motivator, teladan dan pendidik dalam membentuk karakter sopan santun dan disiplin di SMP Darus Sholah Jember ialah sebuah temuan yang peniliti temukan berupa hasil dari proses kegiatan belajar dengan menerapkan ketiga peran tersebut (motivator, teladan dan pendidik ), 1. Peran guru sebagai motivatior, memberikan motivasi ekstirinsik kepada peserta dengan cara bercerita orang sukses (khusunya kepada peserta didik yang fullday) dan mengingatkan niat dan mengajak kembali niat yang baik terutama soal akhlak disiplin dan sopan santun dalam rangka mencari ilmu. 2 Peran guru
sebagai teladan, yaitu berusaha kepada diri sendiri berusaha sopan santun dihadapan peserta didik, izin atau meminta maaf jikalau tidak bisa mengikuti KBM, dan menjaga wibawan dihadapan peserta didik. 3, peran sebagai pendidikk, memberi edukasi berprilaku sopan santun dan disiplin, dan memberi arahan kepada peserta didik yang tidak sesui dengan aturan sekolah.
ABSTRACT
The role of the teacher is an important role as a substitute for parents at school, a person who is responsible for making the lives of students intelligent. Every day teachers spend time for the benefit of their students. Students who are sick, not enthusiastic about learning, and so on, are all of concern to teachers. The focus of this research is 1) What is the role of Islamic religious education teachers as motivators in forming the character of courtesy and discipline at SMP Plus Darus Sholah?, 2) What is the role Islamic religious education teachers as role models in forming the character of courtesy and discipline at SMP Plus Darus Sholah? 3) What is the role of Islamic religious education teachers as educators in forming the character of courtesy and discipline at SMP Plus Darus Sholah? The aims of this research are 1) To describe the role of Islamic religious education teachers as motivators in forming polite and disciplined character at SMP Plus Darus Sholah Jember., 2) To describe the role of Islamic religious education teachers as role models in forming polite and disciplined character at SMP Plus Darus Sholah Jember, 3 ) To describe the role of Islamic religious education teachers as educators in forming polite and disciplined character at SMP Plus Darus Sholah Jember. The approach used in this research is a qualitative approach with descriptive research type. Data collection techniques use observation, interviews and documentation techniques. Data analysis uses qualitative analysis with the Miles and Huberman model. Data validity uses source triangulation and technical triangulation. The research stages in this research are preparation, implementation and preparation of reports. The results of this research are: The role of PAI teachers as motivators, role models and educators in forming the character of courtesy and discipline at Darus Sholah Jember Middle School is a finding that researchers found in the form of results from the activity process learn by applying these three roles (motivator, role model and educator), 1. The role of the teacher as a motivator, providing external motivation to participants by telling stories about successful people (especially to full day students) and reminding them of their intentions and inviting them back to good intentions, especially regarding disciplined morals and manners in order to seek knowledge. 2 The role of the teacher as a role model, namely trying to be polite to yourself in front of students, giving permission or apologizing if you cannot follow teaching and learning activities, and maintaining authority in front of students. 3, the role as an educator, providing education in polite behavior and discipline, and providing direction to students who do not comply with school rules.
Kata Kunci: Peran Guru PAI, karaKter sopan santun, karakter disiplin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Man Achmad Fitrotun Nasihin Anas
Date Deposited: 30 Apr 2024 07:01
Last Modified: 01 Jul 2024 06:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32480

Actions (login required)

View Item View Item