PENGARUH PEMBELAJARAN IMPROVE TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ALJABAR DI MTsN 1 PROBOLINGGO

Khoiriyah, Khotimatul (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN IMPROVE TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ALJABAR DI MTsN 1 PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-012-TMTK-2024)
Khotimatul Khoiriyah Nim. 201101070006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran IMPROVE, Penalaran matematis, Aljabar
Matematika merupakan ilmu mendasari perkembangan teknologi modern dan mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin serta memajukan daya pikir manusia. Beberapa kajian yang berkenaan dengan pembelajaran matematika salah satunya yaitu pembelajaran IMPROVE yang mudah diterapkan, dengan mengembangkan berbagai keterampilan matematis siswa secara optimal serta meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar. Sehingga siswa mempunyai kemampuan bernalar secara matematis untuk menyelesaikan suatu masalah serta menarik kesimpulan.
Tujuan penelitian ini yaitu: 1).Mengetahui kemampuan penalaran matematis sebelum pembelajaran IMPROVE pada materi aljabar. 2). Mengetahui kemampuan penalaran matematis setelah pembelajaran IMPROVE pada materi aljabar. 3). Mengetahui pengaruh pembelajaran IMPROVE terhadap kemampuan penalaran matematis dalam menyelesaikan soal aljabar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas VII MTsN 1 Probolinggo, teknik pengambilan sampel porpusive sampling dengan siswa yang sebelum diberi perlakuan pembelajaran IMPROVE dan siswa yang sesudah diberi perlakuan pembelajaran IMPROVE. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t pada taraf signifikasi 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Hasil tes kemampuan penalaran matematis siswa sebelum pembelajaran IMPROVE pada materi aljabar di MTsN 1 Probolinggo mendapatkan nilai maksimum 78, nilai minimum 38, skor rata-rata 64,87 dan standar deviasi 10,473. 2). Sedangkan hasil tes kemampuan penalaran matematis siswa setelah pembelajaran IMPROVE pada materi aljabar di MTsN 1 Probolinggo mendapatkan nilai maksimum 98, nilai minimum 58, skor rata-rata 78,17 dan stsndar deviasi 12.555. 3). Berdasarkan hasil uji t dapat dilihat bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000, maka H_0 ditolak H_a diterima Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil tes pre-test dan post-test. Pada penelitian ini pembelajaran IMPROVE berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII di MTsN 1 Probolinggo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Khotim Khotimatul Khoiriyah Khotimatul Khoiriyah
Date Deposited: 30 Apr 2024 08:04
Last Modified: 05 Jul 2024 02:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32481

Actions (login required)

View Item View Item