Pengembangan instrumen evaluasi berbasis WEB pada mata pelajaran IPS DI MTs NEGERI 2 JEMBER TAHUN AJARAN 2023/2024

Nur Fiari, Illiyyin (2024) Pengembangan instrumen evaluasi berbasis WEB pada mata pelajaran IPS DI MTs NEGERI 2 JEMBER TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-002-TADRIS IPS-2024)
lliyyin Nur Fiari NIM. 205101090022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci : Pengembangan, Instrumen, Wordwall
Instrumen evaluasi atau alat evaluasi merupakan suatu alat yang memenuhi persyaratan akademis, sehingga dapat digunakan sebagai alat ukur atau pengumpulan data mengenai suatu variabel. Dan evaluasi merupakan salah satu sarana penting dalam meraih tujuan belajar dan menentukan hasil belajar. Sejalan dengan perkembangan teknologi evaluasi dapat dilakukan melalui bantuan internet salah satu contohnya yaitu berbasis web.
Berdasarkan latar belakang penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen evaluasi berbasis web untuk mengetahui langkah – langkah dan kepraktisan instrumen evaluasi berbasis web.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg dan Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono dengan 8 tahapan yang terdiri dari analisis kebutuhan, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba skala kecil, revisi produk dan uji pemakaian.
Hasil pengembangan instrumen evaluasi berbasis wordwall untuk mata pelajaran IPS diMTsN 2 Jember kelas VIII diperoleh hasil langkah – langkah pengembangan analisis kebutuhan dengan mewawancarai Waka terdapat evaluasi yang digunakan belum bervariasi serta evaluasi yang dilakukan oleh guru masih menggunakan kertas dan google formulir, pengumpulan data yaitu dengan menganalisis modul ajar menjadi kisi –kisi soal , desain produk yang di peroleh desain wordwall, uji kelayakan dari validasi ahli materi, media dan bahasa sebesar 80,4%, 85%, 86%dan 94% dengan kategori sangat layak dengan perbaikan, revisi desain yang dilakukan dengan merevisi masukan dan saran dari semua ahli, uji coba skala kecil yang dilakukan yaitu terdapat interval 61- 80 % dan 81-100% bahwa produk layak digunakan dengan perbaikan, revisi produk terdapat 1 saran dari peserta didik, uji coba skala besar yang dilakukan yaitu terdapat interval 89% bahwa produk yang dihasilkan sudah sangat layak digunakan tanpa perbaikan. Sedangkan untuk hasil uji kepraktisan di dapat hasil rata-rata angket respons siswa sebesar 87.9 % dengan kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Illiyyin Illiyyin Nur Fiari Illiyyin Nur Fiari
Date Deposited: 30 Apr 2024 08:19
Last Modified: 04 Jul 2024 02:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32482

Actions (login required)

View Item View Item