Efektivitas Pemberian Apresiasi Dalam Meningkatkan Minat dan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Listrik Dinamis di Kelas IX SMP Negeri 6 Jember

Lutfiati, Hazimah Iskarimah (2024) Efektivitas Pemberian Apresiasi Dalam Meningkatkan Minat dan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Listrik Dinamis di Kelas IX SMP Negeri 6 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-017-IPA-2024)
Hazimah Iskarimah Lutfiati_T201910033 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Hazimah Iskarimah Lutfiati, 2024: Efektivitas Pemberian Apresiasi Dalam
Meningkatkan Minat dan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Listrik
Dinamis di Kelas IX SMP Negeri 6 Jember.
Kata kunci: Apresiasi, Minat, Keaktifan, Listrik Dinamis
Efektivitas pemberian apresiasi dalam meningkatkan minat dan keaktifan
siswa ini dilaksankan berdasarkan permasalahan pembelajaran IPA pada materi
listrik dinamis yang ada di SMP Negeri 6 Jember. Selama proses pembelajaran
strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan minat dan keaktifan siswa
menggunakan apresiasi. Apresiasi melibatkan pemahaman dan penghormatan
terhadap aspek-aspek positif suatu hal. Minat belajar yaitu faktor kritis dalam
menentukan sejauh mana siswa terlibat dan berhasil dalam proses pembelajaran.
Keaktifan siswa merupakan proses belajar mengajar yang menekankan keaktifan
siswa, baik secara fisik, mental intelektual, maupun emosional guna memperoleh
hasil belajar yang optimal.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana efektivitas
pemberian apresiasi terhadap minat siswa pada pembelajaran IPA materi listrik
dinamis di kelas IX SMP Negeri 6 Jember? 2) Bagaimana efektivitas pemberian
apresiasi terhadap keaktifan siswa pada pembelajaran IPA materi listrik dinamis
di kelas IX SMP Negeri 6 Jember?
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui efektivitas pemberian
apresiasi terhadap minat siswa pada pembelajaran IPA materi listrik dinamis di
kelas IX SMP Negeri 6 Jember. 2) Untuk mengetahui efektivitas pemberian
apresiasi terhadap keaktifan siswa pada pembelajaran IPA materi listrik dinamis
di kelas IX SMP Negeri 6 Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis
penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini pengumpulan
data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik
keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik serta
triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa pemberian apresiasi mampu
meningkatkan minat dan keaktifan siswa. Hal ini dikarenakan upaya dari Bapak
Nurcahyo dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan menggunakan
pemberian apresiasi telah memberikan dampak positif pada minat dan semangat
belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Hazimah Iskarimah Lutfiati
Date Deposited: 06 May 2024 06:25
Last Modified: 04 Jul 2024 06:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32515

Actions (login required)

View Item View Item