Penerapan nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran Aqidah akhlaq Kelas XI di MAN 1 JEMBER

Mubarok, Ahmad Faidhol (2024) Penerapan nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran Aqidah akhlaq Kelas XI di MAN 1 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kyai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 022 - PAI - 2024)
baru Skripsi Ahmad Faidhol M (Final) watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti mengenai Penerapan Nilai-
nilai Moderasi Beragama dalam pembelajaran Aqidah akhlaq Kelas XI materi Aliran-aliran dalam Ilmu Kalam di MAN 1 Jember yang mana notaennya MAN 1 Jember merupaka salah satu sekolah yang cukup dikenal masyarakat baik dalam kota maupun luar kota. Keberagaman yang ada menjadikan peneliti tertarik untuk mencoba mengkaji lebih dalam mengenai Penerapan Nilai-nilai moderasi Beragama di MAN 1 Jember.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana Penerapan Nilai- nilai Toleransi Beragama dalam Pembelajaran Aqidah Akhlaq Kelas XI Materi Aliran-aliran dalam Ilmu Kalam di MAN 1 Jember. 2). Bagaimana Penerapan Nilai-nilai Komitmen kebangsaan dalam Pembelajaran Aqidah Akhlaq Kelas XI Materi Aliran-aliran dalam Ilmu Kalam di MAN 1 Jember. 3). Bagaimana Penerapan Nilai-nilai Akomodatif terhadap Kebudayaan Lokal dalam Pembelajaran Aqidah Akhlaq Kelas XI Materi Aliran-aliran dalam Ilmu Kalam di MAN 1 Jember.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan 1). Penerapan Nilai-nilai Toleransi Beragama dalam Pembelajaran Aqidah Akhlaq Kelas XI Materi Aliran- aliran dalam Ilmu Kalam di MAN 1 Jember. 2). Penerapan Nilai-nilai Komitmen kebangsaan dalam Pembelajaran Aqidah Akhlaq Kelas XI Materi Aliran-aliran dalam Ilmu Kalam di MAN 1 Jember. 3). Penerapan Nilai-nilai Akomodatif terhadap Kebudayaan Lokal dalam Pembelajaran Aqidah Akhlaq Kelas XI Materi Aliran-aliran dalam Ilmu Kalam di MAN 1 Jember.
Untuk dapat mencapai tujuan-tujuan tersebut peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis deskriptif. Untuk dapat dengan mudah dalam menentukan subyek penelitian, peneliti menggunakan studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis Miles, Huberman dan Saldana. dengan langkah berikut: kondensasi data, Penyajian data dan Menarik kesimpulan. Untuk dapat memeriksa keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian dalam skripsi ini menunjukkan: 1). Penerapan nilai-nilai toleransi beragama dalam pembelajaran Aqidah akhlaq di MAN 1 Jember dilaksanakan dengan oleh guru aqidah akhlaq dengan mamasukkan nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran Aqidah-akhlaq yang berlangsung, selain itu materi yang diajarkan juga sangat memfasilitasi peserta didik untuk menumbuhkan nilai- nilai toleransi di lingkungan sekolah. 2). penerapan nilai-nilai komitmen kebangsaan dalam pembelajaran aqidah akhlaq melalui contoh-contoh kecil yang dapat dilakukan oleh peserta didik untuk menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari dilingkungan sekolah. Selain itu dukungan penuh kepala sekolah serta berbagai elemen yang ada juga mejadi faktor terwujudnya nilai-nilai komitmen kebangsaan. 3). Penerapan nilai-nilai akomodatif terhadap kebudayaan lokal dalam pembelajaran aqidah akhlaq di MAN 1 Jember dilakukan melalui pembelajaran dalam kelas, serta pemberian tugas dalam event bazar intern dan ekstern. Hal ini diharapkan dengan adanya bazar siswa-siswi mampu memahami arti penting penerapan nilai-nilai akomodatif terhadap budaya lokal dilingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Ahmad Faidhol Mubarok
Date Deposited: 08 May 2024 04:16
Last Modified: 02 Jul 2024 03:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32533

Actions (login required)

View Item View Item