Amalia, Rizca Laila (2024) Analisis SWOT pada Sistem Layanan Smart Branch Bank X Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-091-PS-2024)
RIZCA LAILA AMALIA-204105010056-PS-SKRIPSI.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
Era digitalisasi dan transformasi digital telah membawa dampak signifikan pada persaingan bisnis antar bank. Transformasi bank konvensional menjadi bank digital adalah upaya untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang semakin mengandalkan teknologi. Penting bagi bank untuk mengetahui sumber kekuatan dan kelemahannya agar dapat memanfaatkan setiap peluang yang ada serta menghindari atau meminimalkan ancaman yang mungkin terjadi dan memengaruhi perkembangan bisnis. Analisis SWOT penting digunakan untuk mendapatkan
gambaran tentang kerangka umum perusahaan, terutama untuk merumuskan strategi perusahaan, mengembangkan atau memperluas keunggulan perusahaan, serta menjangkau segmentasi pasar perbankan. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi sistem layanan digital branch pada Smart Branch Bank X? 2)
Bagaimana sistem layanan Smart Branch berdasarkan analisis SWOT? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui implementasi sistem layanan digital branch pada Smart Branch Bank X, 2) Untuk mendeskripsikan sistem layanan Smart Branch berdasarkan analisis SWOT.Peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitian menggunakan field research. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi data dan triangulasi sumber.Hasil kesimpulan yang didapat bahwa: 1) Smart Branch Bank X adalah sistem cabang hybrid memungkinkan akses data, pembayaran, pengembangan, penggunaan, dan layanan pelanggan tanpa harus mengunjungi cabang bank. 2) Berdasarkan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki oleh Bank X, analisis SWOT membantu menemukan dan membuat rencana untuk meningkatkan kemampuan perusahaan dan meminimalkan kelemahannya dengan memanfaatkan strategi SO, WO, ST, dan WT.
Kata kunci: digital branch, sistem layanan, strategi, analisis SWOT
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150302 Business Information Systems 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mrs Rizca Laila Amalia |
Date Deposited: | 08 May 2024 04:12 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 04:33 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32534 |
Actions (login required)
View Item |