Proses Pemecahan Masalah Berdasarkan Identitas Matematis Siswa dalam Memecahkan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMPN 2 Rambipuji Jember

Ihtiara, Aghni (2024) Proses Pemecahan Masalah Berdasarkan Identitas Matematis Siswa dalam Memecahkan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMPN 2 Rambipuji Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-018-TMTK-2024)
AGHNI IHTIARA_205101070013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan pemecahan masalah yang
menjadi salah satu keterampilan yang perlu dimiliki oleh setiap individu.
Pemecahan masalah perlu dimiliki karena dapat melibatkan kemampuan untuk
mengidentifikasi, menganalisis, dan mencari solusi efektif untuk situasi atau
masalah yang dihadapi. Salah satu faktor yang memengaruhi proses pemecahan
masalah yaitu dengan adanya identitas matematis siswa.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui bagaimana proses
pemecahan masalah matematika berdasarkan minat siswa kelas VIII SMPN 2
Rambipuji Jember. 2) Mengetahui bagaimana proses pemecahan masalah
matematika berdasarkan rekognisi siswa kelas VIII SMPN 2 Rambipuji Jember.
3) Mengetahui bagaimana proses pemecahan masalah matematika berdasarkan
kompetensi siswa kelas VIII SMPN 2 Rambipuji Jember. 4) Mengetahui
bagaimana proses pemecahan masalah matematika berdasarkan kinerja siswa
kelas VIII SMPN 2 Rambipuji Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode penelitian yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen berupa
angket, tes soal, dan observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
observasi, pemilihan subjek, pemberian angket, pemberian tes soal, think aloud,
dan dokumentasi.
Simpulan dari temuan yang telah dibahas pada penelitian ini adalah:
Ditemukan siswa SMPN 2 Rambipuji Jember yang memiliki identitas matematis
dengan kategori minat, rekognisi, kompetensi, dan kinerja tidak dapat
memecahkan permasalahan matematika. Oleh karena itu, identitas matematis yang
baik pada semua kategori adalah yang memenuhi keempat indikator pemecahan
masalah matematika yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian,
menyelesaikan masalah, dan memeriksa kembali jawaban. Namun, dari semua
siswa yang memenuhi kategori identitas matematis tidak ada yang dapat
memenuhi keempat indikator pemecahan masalah dengan baik dan runtut.

Kata Kunci: Proses Pemecahan Masalah, Identitas Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: aghni Aghni Ihtiara
Date Deposited: 13 May 2024 06:39
Last Modified: 05 Jul 2024 02:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32543

Actions (login required)

View Item View Item