PENGARUH ELECTRONIC WALLET, LITERASI KEUANGAN, DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER

Aulia Effendi, Muhammad Raziv (2024) PENGARUH ELECTRONIC WALLET, LITERASI KEUANGAN, DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-046-ES-2024)
MUHAMMAD RAZIV AULIA EFFENDI_205105020006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Di era globalisasi saat ini membuat perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi yang semakin beraneka ragam dan juga memperlihatkan kemajuan yang
begitu pesat. Mayoritas dari setiap aktivitas yang biasa dilakukan oleh manusia mulai
tergantikan oleh teknologi, begitu pula berdampak pada sistem pembayaran yang saat
ini sudah tidak menggunakan uang tunai sebagai alat transaksinya, melainkan
menggunakan sebuah sistem yang disebut financial technology (fintech).
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1) Apakah terdapat pengaruh
Signifikan penggunaan Electronic Wallet terhadap perubahan perilaku konsumtif pada
mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember? 2) Apakah terdapat pengaruh Signifikan literasi
keungan terhadap perubahan perilaku konsumtif mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember
3) Apakah terdapat pengaruh Signifikan literasi digital terhadap perubahan perilaku
konsumtif mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember? 4) Apakah terdapat pengaruh
Electronic Wallet,literasi keuangan, dan literasi digital secara simultan terhadap
perubahan perilaku konsumtif mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember?
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
Signifikan penggunaan Electronic Wallet terhadap perubahan perilaku konsumtif pada
mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember? 2) Untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh Signifikan literasi keungan terhadap perubahan perilaku konsumtif
mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember 3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
Signifikan literasi digital terhadap perubahan perilaku konsumtif mahasiswa FEBI
UIN KHAS Jember? 4) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Electronic
Wallet,literasi keuangan, dan literasi digital terhadap perubahan perilaku konsumtif
mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember?
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif. Teknik
pengumpulan data yakni menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Jumlah sampel
yang didapatkan yaitu 365 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu
Simple Random Sampling. Metode analisis data yang digunakan yaitu regresi linear
berganda dengan menggunakan alat bantu SPSS For Windows 23.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga berpengaruh signifikan
baik secara parsial maupun simultan terhadap perubahan perilaku konsumtif
mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember. Dapat dilihat dari nilai uji t, uji f dan nilai
koefisien determinasi yang menunjukkan nilai uji t dari tiap variabel yaitu X1 sebesar
0,033 < 0,05, X2 sebesar 0,001 < 0,05, X3 sebesar 0,00 < 0,05. Pada hasil uji f
didapatkan nilai signifikansinya sebesar 0,00 < 0,05 serta nilai f hitung > f tabel
dengan nilai probabilitas 50,974. Sedangkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,292
atau 29,2% yang artinya ketiga variabel kontribusi terhadap perubahan perilaku
konsumtif sebesar 29,2%, sedangkan sisanya sebesar 70,8% dipengaruhi oleh faktor
lain.
Kata kunci: Electronic Wallet, Literasi Keuangan, Literasi Digital, Perilaku Konsumtif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Raziv Aulia Effendi
Date Deposited: 13 May 2024 01:06
Last Modified: 10 Jul 2024 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32546

Actions (login required)

View Item View Item