Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan pada Usaha Mikro Kecil Menengah di Rezti's Batik Desa Tegalsari Kecamatan Ambulu

Lestari, Diah Puji (2024) Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan pada Usaha Mikro Kecil Menengah di Rezti's Batik Desa Tegalsari Kecamatan Ambulu. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-012-AKSYA-2024)
SKRIPSI DIAH PUJI LESTARI 204105030113 SUDAH DI WATERMAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: Akuntabilitas, Pengeloaan Keuangan, UMKM

Pengelolaan keuangan menjadi salah satu aspek penting bagi kemajuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jika keuangan suatu Usaha Mikro Kecil Menengah dikelola dan diinformasikan secara transparan dan akurat, akan berdampak positif pada bisnis itu sendiri. Laporan keuangan juga digunakan untuk melakukan analisis untuk membuat keputusan finansial dan mempertanggungjawabkan manajemen pada penggunaan sumber data didalam usahanya. Akuntabilitas merupakan kewajiban untuk memberikan pertanggungjawabn dan menerangkan kinerja dan tindakan seorang/pemimpin suatu unit organisasi kepada pihak yang memiliki hak atau yang berwenang meminta pertanggungjawaban.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pengelolaan keuangan yang diterapkan di Rezti’s Batik? 2) Bagaimana akuntabilitas pengelolaan keuangan di Rezti’s Batik? Tujuan peneliti ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengelolaan keuangan yang diterapkan pda Rezti’s Batik. 2) Untuk mengetahui akuntabilitas pengelolaan keuangan pada Rezti’s Batik.
Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan Obsevasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik atau metode dan triangulasi sumber.
Hasil peneliti dapat disimpulkan bahwa: 1) Pengelolaan keuangan pada Reztis Batik dalam pencatatan dan pelaporanya belum dapat menggunakan satu pencatatan. Dimana terdapat tiga versi pencatatan yaitu pencatatan pekerjaan karyawan yang dicatat menggunakan manual seperti buku warung, pencatatan menggunakan excel untuk konsumsi perushaan dan pencatatan menggunakan aplikasi SiApik yang dapat mengeluarkan laporan keuangan yang dimana untuk dilaporkan kepada Bank Indonesia setiap tiga bulan sekali. 2) Akuntabilitas pengelolaan keuangan pada Rezti’s Batik menggunakan pencatatan dan pelaporan keuangan berbagai versi. Namun masih belumdapat dipertanggungjawabkan dengan baik. Serta pada Rezti’s Batik ini sangat mementingkan tentang kepuasan pelanggan dan penyalanan pada pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150102 Auditing and Accountability
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Diah Pui Lestari
Date Deposited: 13 May 2024 03:00
Last Modified: 10 Jul 2024 02:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32549

Actions (login required)

View Item View Item