Manajemen pendayagunaan dana Filantropi melalui Program Rumah Qur’an Indonesia di LAZNAS YDSF Jember

Mahfudzi, Ruddin (2024) Manajemen pendayagunaan dana Filantropi melalui Program Rumah Qur’an Indonesia di LAZNAS YDSF Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-010-ZAWA-2024)
1. NEW BISMILLAH_SKRIPSIKU_RUDDIN_M_2024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

ABSRTAK Ruddin Mahfudzi, Dr. M.F Hidayatullah,S.H., M.S.I. 2024: Manajemen Pendayagunaan Dana Filantropi Melalui Program Rumah Qur’an Indonesia Di Laznas YDSF Jember.

Kata kunci: Filantropi Melalui Program Rumah Qur’an Indonesia
Filantropi merupakan salah satu pendekatan dari tiga pendekatan untuk mempromosikan kesejahteraan sosial termasuk didalamnya upaya pengentasan kemiskinan yaitu pendekatan social service (pelayanan sosial), social work (pekerjaan sosial), philantrophy (filantropi). Dalam hal ini, LAZNAS YDSF Jember memiliki sebuah program rumah Qur’an Indonesia yang mana program tersebut merupakan program penguatan pendidikan baca tulis dan hafalan Al-Qur’an di berbagai wilayah yang membutuhkan bantuan. Dengan adanya donasi yang masuk oleh donator akan digunakan untuk menunjang aktivitas pendidikan Al-Qur’an meliputi insentif guru Al-Qur’an, pelatihan sertifikasi metode baca Al-Qur’an, serta sarana dan prasarana lembaga pendidikan Al-Qur’an.
Dalam penelitian ini terdapat tiga fokus masalah yaitu: 1) Bagaimana Manajemen Pendayagunaan Dana Filantropi Islam Melalui Program Rumah Qur’an Indonesia Di LAZNAS YDSF Jember? 2) Apa kendala dari Manajemen Pendayagunaan Dana Filantropi Islam Melalui Program Rumah Qur’an Indonesia Di LAZNAS YDSF Jember? 3) Bagaimana solusi dari kendala Manajemen Pendayagunaan Dana Filantropi Islam Melalui Program Rumah Qur’an Indonesia Di LAZNAS YDSF Jember?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Menganalisis Manajemen Pendayagunaan Dana Filantropi Islam Melalui Program Rumah Qur’an Indonesia Di LAZNAS YDSF Jember. 2) Menganalisis kendala dalam Manajemen Pendayagunaan Dana Filantropi Islam Melalui Program Rumah Qur’an Indonesia Di LAZNAS YDSF Jember. 3) Menganalisis terkait solusi dari kendala dalam Manajemen Pendayagunaan Dana Filantropi Islam Melalui Program Rumah Qur’an Indonesia Di LAZNAS YDSF Jember.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, jenis deskriptif. lokasi penelitain di LAZNAS YDSF Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verisikasi. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah 1)tahap perencanaan LAZNAS YDSF mencari lembaga yang ingin dinaungi untuk menjalankan visi dan misi yakni membangun rumah Qur’an Pada tahap pengorganisasian untuk masuk kedalam lembaga organisasi tersebut ada syarat yang harus dilakukan. Pada tahap pengarahan dengan selalu mencari lembaga yang membutuhkan kita untuk berdayakan dan ayomi. Selalu mengevaluasi apa yang telah lakukan. Evaluasi dilakukan setahun sekali. 2) Kendala yang dihadapi tidak ada hanya terdapat pada kurangnya komunikasi antara pihak LAZNAS dengan takmir masjid jika program tersebut dibawah naungan masjid. 3) Solusi dari kendala yang dihadapi yakni dengan menjaga dan menjalin komunikasi yang baik dengan takmir masjid tentang agenda dan tujuan dari program rumah Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Mr Ruddin Mahfudzi
Date Deposited: 13 May 2024 06:51
Last Modified: 10 Jul 2024 02:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32579

Actions (login required)

View Item View Item