Peran guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam membentuk karakter Islami Siswa Kelas IX Di Madrasah Tsanawiyah Nurus Syam Wringin Bondowoso

Kamal, Muhammad Nauval Izzul (2024) Peran guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam membentuk karakter Islami Siswa Kelas IX Di Madrasah Tsanawiyah Nurus Syam Wringin Bondowoso. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK - 025 - PAI - 2024)
SKRIPSI - MUHAMMAD NAUVAL (T20171079).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Sejarah Kebudayaan Islam, Karakter Islami
Perilaku keagamaan siswa yang ada di madrasah pada saat ini masih banyak terlihat kurang baik. Bentuk perilaku kegamaan yang dimaksud yaitu masih ada yang tidak hormat pada guru, berakhlak tidak baik, dan lain-lain. Oleh karena hal tersebut, peran guru di Madrasah Tsanawiyah Nurus Syam Wringin Bondowoso khususnya pada pembelajaran sejarah kebudayaan islam sangat penting dalam pembentukan karakter islami siswa.
Fokus penelitian yang diteliti pada penelitian ini adalah: 1). Bagaimana peran guru Sejarah Kebudayaan Islam sebagai pendidik dalam membentuk karakter islami siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurus Syam Wringin Bondowoso?; 2). Bagaimana peran guru Sejarah Kebudayaan Islam sebagai pengajar dalam membentuk karakter islami siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurus Syam Wringin Bondowoso?.
Berdasarkan fokus penelitian tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Menggambarkan peran guru Sejarah Kebudayaan Islam sebagai pendidik dalam membentuk karakter islami siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurus Syam Wringin Bondowoso; 2). Menggambarkan peran guru Sejarah Kebudayaan Islam sebagai pengajar dalam membentuk karakter islami siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurus Syam Wringin Bondowoso.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni model Miles, Hubermen dan Saldana yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji kredibilitas triangulasi yang terdiri atas triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpul data.
Hasil Penelitian ini adalah: 1). Guru sejarah kebudayaan islam sebagai pendidik dalam membentuk karakter Islami siswa telah tergambar dengan ditunjukkan adanya pembiasaan baik yang ditirukan pada siswa. Sebagai pendidik, guru di Madrasah Tsanawiyah Nurus Syam memiliki kepribadian yang sampai saat ini dijadikan idola dan figur contoh para siswa.; 2). Guru sejarah kebudayaan islam sebagai pengajar dalam membentuk karakter islami juga sudah sejalan dengan teori yang telah dipaparkan. Peranan guru sejarah kebudayaan islam sebagai pengajar dalam membentuk karakter islami telah ditunjukkan dengan guru memberikan materi terkait kehidupan lingkup pesantren yang positif sehingga dapat menambah motivasi siswa untuk terus membenahi akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email cupanktbs@gmail.com
Date Deposited: 16 May 2024 04:12
Last Modified: 02 Jul 2024 05:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32595

Actions (login required)

View Item View Item