MANAJEMEN PROGRAM RISET DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 JEMBER

Aqli, Muhammad Shohibul (2024) MANAJEMEN PROGRAM RISET DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-022-MPI-2024)
Muhammad Shohibul Aqli_204101030006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih minimnya inovasi pendidikan berdasarkan hasil suatu studi yang dilakukan. Dijawab Timur sendiri minat suatu sekolah dalam mengikuti lomba riset masih tergolong minim, hal ini
dapat dilihat dari data peserta lomba riset MYRES pada tahun 2022 yang tergolong rendah jika dibandingkan dengan jumlah sekolah yang ada dijawa Timur.

Fokus dari penelitian ini yakti: 1) Bagaiman perencanaan program riset di Madrasah sanawiyah Negeri 2 Jember? , 2) Bagaimana pengorganisasian program riset di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember?, 3) Bagaimana penggerakan program riset di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember? 4) Bagaiaman penegendalian program riset di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember?

Tujuan dari penelitian ini yakti : 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan program riset di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember , 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana pengorganisasian program riset di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember, 3) Untuk mendeskripsikan bagaimana penggerakan program riset di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember, 4) Untuk mendeskripsikan bagaimana pengendalian program riset di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif jenis penelitian study kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yakni : observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan yang terakhir adalah uji keabsahan data yang menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Adapun hasil penelitian ini adalah : 1) perencanaan program riset dilakukan untuk jangka panjang, jangka menengah, dan jangka bulanan, 2) pengorganisasian belum maksimal dengan memberikan tugas tidak sesuai dengan kemampuan masing-masing guru, 3). Penggerakan masih kurang maksimal dilihat dari banyaknya tim program riset yang masih kesulitan sehingga mengundurkan diri, 4) pengendalian hanya dilakukan oleh tim riset dan kepala sekolah tidak ikut serta.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Program Riset; Madrasah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhammad Shohibul Aqli
Date Deposited: 14 May 2024 08:11
Last Modified: 04 Jul 2024 07:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32599

Actions (login required)

View Item View Item