Perbandingan Kualitas Layanan M-banking BRI dan BSI Studi Kasus Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Acmad Siddiq Jember

Rohmadhina, Risalatul (2024) Perbandingan Kualitas Layanan M-banking BRI dan BSI Studi Kasus Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Acmad Siddiq Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-097-PS-2024)
RISALATUL ROHMADINA_204105010104.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Di dunia sektor bisnis dan perbankan, teknologi informasi mendorong dunia perbankan untuk ikut serta dalam penggunaan internet, dikarenakan teknologi informasi merupakan peluang bagi dunia perbankan untuk maju dalam memberikan pelayanan dan kenyamanan lebih baik untuk para nasabah (customer). Bank yang menyediakan sarana berbasis teknologi informasi dalam layanan transaksi perbankan dapat disebut mobile banking (m-banking). Kualitas Pelayanan juga menjadi kunci dari ukuran kepuasan nasabah. Jika bank gagal dalam memenuhi ekspektasi atau harapan nasabah maka nasabah tidak merasakan kepuasan dalam memperoleh pelayanan dari bank. Begitu juga sebaliknya, jika pihak bank mampu memenuhi harapan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana perbedaan kualitas layanan m-banking BRI dan m-banking BSI? (2) Bagaimana penilaian dari nasabah pada fasilitas dan kualitas layanan pada m-banking BRI dan m-banking BSI?
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui perbedaan kualitas layanan aplikasi BRI mobile banking dan BSI mobile banking. (2) Mengetahui penilaian dari nasabah terhadap fasilitas dan kualitas layanan aplikasi mobile banking yang disediakan oleh BRI dan BSI.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan penelitian lapangan (Field Research) dengan subjek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam semester 7 yang menggunakan m-banking BRI dan BSI. Pemilihan subjek penelitian ini menggunakan teknik snowball untuk menemukan informan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan deskriptif kualitatif yang terdiri dari data primer dan sekunder.
Adapun kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah : (1) kedua layanan aplikasi BSI mobile dan Brimo setelah dilakukan perbandingan ada perbedaan fasilitas dan kualitas layanan yang disediakan oleh kedua bank tersebut. Perbedaannya terletak pada fitur-fitur aplikasi mobile banking dan keamanannya. (2) Setelah memakai serta mamanfaatkan fasilitas dan kualitas layanan yang ada pada BSI mobile dan Brimo nasabah merasa puas. Nasabah merasa bahwa fasilitas m-banking yang disediakan oleh Bank BSI dan Bank BRI dirasa sudah sinkron oleh apa yang dibutuhkan oleh nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Risalatul Rohmadhina
Date Deposited: 14 May 2024 07:08
Last Modified: 11 Jul 2024 03:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32609

Actions (login required)

View Item View Item