ANALISIS PELAYANAN DENGAN SOFT SKILL MELALUI 3S (SENYUM, SALAM DAN SAPA) TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI KSPPS BMT NU JAWA TIMUR CABANG BESUKI KABUPATEN SITUBONDO

Dewi, Yeni Fatika (2024) ANALISIS PELAYANAN DENGAN SOFT SKILL MELALUI 3S (SENYUM, SALAM DAN SAPA) TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI KSPPS BMT NU JAWA TIMUR CABANG BESUKI KABUPATEN SITUBONDO. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-096-PS-2024)
Yeni Watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

pelayanan adalah bahwa setiap perbuatan atau kegiatan yang dapat diberikan oleh suatu pihak kepada pihak lain. Pada dasarnya hal tersebut tidak berwujud dan tidak menimbulkan hak kepemilikan apapun karena hal tersebut dilakukan oleh pemilik perusahaan kepada konsumennya
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana model pelayanan yang diterapkan oleh KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Besuki Situbondo? (2) Bagaimana efektifitas dan efisiensi pelayanan 3S terhadap loyalitas nasabah pada KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Besuki Situbondo?
Penelitian ini bertjuan: (1) Untuk menganalisis model pelayanan yang diterapkan oleh KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Besuki Situbondo, (2) Untuk mengetahui efektifitas dan efisiensi pelayanan 3S terhadap loyalitas nasabah pada KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Besuki Situbondo.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi,wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Kesimpulan dari penelitian ini yakni: (1) Model pelayanan dengan soft skill 3S di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Besuki Kabupaten Situbondo yaitu disana menerapkan pelayanan dengan 3S (senyum, salam dan sapa) dengan mengedepankan ketepatan dan kecepatan dalam pelayanannya sehingga memberikan kepuasan bagi para anggotanya. Dalam pelayanannya KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Besuki Kabupaten Situbondo juga menerapkan pelayanan dengan ketepatan dan kecepatan, penerapan yang membuat nasabah merasa puas karena nasabah tidak perlu menunggu lama dalam proses transaksinya. (2) Efektifitas dan efisiensi 3S terhadap loyalitas nasabah dapat diukur dari kepercayaan nasabah, kepuasan nasabah, kesetiaan nasabah dan juga penggunaan dana, waktu dan tenaga yang minim dalam melakukan promosi. Hal ini dapat menggambarkan bahwa nasabah sudah loyal terhadap KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Besuki Kabupaten Situbondo karena pelayanan yang diberikan, sehingga dapat dikatakan bahwa KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Besuki Kabupaten Situbondo sudah mencapai tujuannya untuk membuat nasabah merasa nyaman dengan pelayanan yang diberikan dan juga dapat meningkatkan jumlah nasabahnya. Dengan adanya nasabah tetap yang sudah percaya terhadap KSPPS BMT NU Cabang Besuki dapat menciptakan nasabah yang loyal, dimana nasabah tersebut akan terus menggunakan produk yang ada disana dalam jangka waktu yang panjang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Yenifatika dewi
Date Deposited: 14 May 2024 07:22
Last Modified: 11 Jul 2024 03:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32616

Actions (login required)

View Item View Item