STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM PENGEMBANGAN PRODUK TABUNGAN SIMPANAN PELAJAR (SIMPEL) PADA BANK BRI KC JEMBER

Mutiara, Mutiara (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM PENGEMBANGAN PRODUK TABUNGAN SIMPANAN PELAJAR (SIMPEL) PADA BANK BRI KC JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI-Mutiara_1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tabungan Simpanan Pelajar atau Simpel adalah tabungan BRI Simpanan untuk siswa/pelajar yang diterbitkan oleh Bank BRI dengan persyaratan mudah dan sederhana serta fitur yang menarik, dalam rangka edukasi dan inklusi keuangan untuk mendorong budaya menabung sejak dini.
Dilihat tabungan ini khusus untuk anak sekolah yang masih berusia dibawah 17 tahun, yang mana masih usia pelajar. Mayoritas sangat sulit untuk menata keuangan sehingga ada tantangan tersendiri bagi Bank BRI KC Jember. Tingkat kesulitan untuk meyakinkan dan memperoleh dana dari sini sangat besar dibandingkan dengan tabungan lainnya.
Fokus penelitian yang diteliti dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi komunikasi pemasaran dalam pengembangan produk tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) pada Bank BRI KC Jember? 2) Bagaimana kendala dalam strategi komunikasi pemasaran dalam pengembangan produk tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) pada Bank BRI KC Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran dalam pengembangan produk tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) pada Bank BRI KC Jember. 2) untuk mengetahui bagaimana kendala dalam strategi komunikasi pemasaran dalam pengembangan produk tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) pada Bank BRI KC Jember.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber, yang berarti penggabungan dari tiga teknik pengumpulan data. Dalam melakukan mengumpulkan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi komunikasi pemasaran di Bank BRI KC Jember menggunakan penerapan bauran komunikasi pemasaran yang terdiri dari lima sarana promosi utama, yaitu Periklanan (Advertising), yang mana menggunakan web (bri.co.id) dan sosial media berupa Ig (@brilian_jember). Promosi Penjualan (Sales Promotion), yang mana Bank BRI KC Jember tidak menggunakan promosi penjualan. Hubungan Masyarakat (Public Relation), melakukan pendekatan kepada masyarakat dengan cara kerja sama antara pihak bank dan sekolah, OJK, dan Pemerintah. Penjualan Tatap Muka (Personal Selling), merupakan kunci utama dalam memasarkan tabungan Simpel dengan cara langsung datang ke sekolah-sekolah. Pemasaran Langsung (Direct Marketing), menggunakan sosial media seperti e-mail para pengirim pesan bisa secara serentak untuk mengirim pesan. 2) Untuk kendala strategi komunikasi pemasaran dalam pengembangan produk tabungan Simpel di Bank BRI KC Jember tidak ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, Tabungan Simpanan Pelajar
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140103 Mathematical Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Miss Mutiara Mutiara
Date Deposited: 14 May 2024 08:01
Last Modified: 14 May 2024 08:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32626

Actions (login required)

View Item View Item