Fenomena mukbang perspektif ayat-ayat israf dalam al-qur'an(analisis pendekatan double movement fazlur rahman)

Lestari, Dini (2024) Fenomena mukbang perspektif ayat-ayat israf dalam al-qur'an(analisis pendekatan double movement fazlur rahman). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-027-IAT-2024)
SKRIPSI DINI LESTARI WATERMARK terbaru.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Dini Lestari, 204104010004 : Fenomena Mukbang Perspektif Ayat-ayat Isra>f dalam Al-Qur’an(Analisis Pendekatan Double Movement Fazlur Rahman).
Kata Kunci : Double Movement, Fazlur Rahman, Isra>f, Mukbang, Perspektif.
Fenomena mukbang, sebuah trend di media sosial yang menampilkan seseorang makan dengan porsi besar sambil berinteraksi dengan penonton untuk dijadikan tontonan atau hiburan. Namun, banyak yang tidak mengetahui bagaimana jika fenomena mukbang dikaitkan dengan ayat-ayat isra>f serta bagaimana hukum mukbang. Kemudian apakah mukbang termasuk dalam perilaku isra>f yaitu berlebih-lebihan dalam hal makan dan minum.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1). Bagaimana Penerapan gerakan pertama teori double movement dalam ayat-ayat isra>f terhadap fenomena mukbang? 2). Bagaimana penerapan gerakan kedua teori double movement? 3). Bagaimana relevansi hasil reinterpretasi ayat-ayat isra>f dengan fenomena mukbang? Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1). Menjelaskan penerapan gerakan pertama teori double movement. 2). Menjelaskan penerapan gerakan kedua teori double movement. 3). Menjelaskan relevansi hasil reinterpretasi ayat-ayat isra>f dengan fenomena mukbang.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan analisis pendekatan double movement Fazlur Rahman yang bersifat deskriptif-analitis yaitu memberikan gambaran terhadap objek yang diteliti kemudian menganalisis data tersebut. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukan observasi serta dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1). Melalui penerapan gerakan pertama hermeneutika double movement penulis mendapati enam ideal moral dari ayat-ayat isra>f. 2). Penerapan gerakan kedua hermeneutika double movement penulis mendapati hukum mukbang perspektif ayat-ayat isra>f ialah haram, karena jika mukbang terus menerus dilakukan akan memberikan dampak yang tidak baik pada kesehatan jasmani maupun rohani pelaku mukbang. 3). Fenomena mukbang menjadikan seseorang berlebih-lebihan dalam hal makan, hal ini sesuai dengan konsep isra>f yang merujuk pada penggunaan segala sesuatu secara berlebihan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Mrs Dini Lestari
Date Deposited: 15 May 2024 08:37
Last Modified: 28 Aug 2024 01:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32628

Actions (login required)

View Item View Item