Penerapan Model Mckinsey Dalam Perubahan Organisasi Pada Bank Syariah Indonesia KCP Jember Karimata

Ani, sa and Nurul, Setianingrum (2024) Penerapan Model Mckinsey Dalam Perubahan Organisasi Pada Bank Syariah Indonesia KCP Jember Karimata. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad siddiq jember.

[img] Text (SK-005-PS-2024)
SKRIPSI ANISA FIX watermark[1].pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Anisa, Nurul Setianingrum, 2024: Penerapan model McKinsey dalam perubahan organisasi pada bank syariah Indonesia KCP Jember Karimata.
Kata kunci: Model Mckinsey, Perubahan Organisasi, Bsi
Perubahan organisasi adalah proses yang vital dalam pertumbuhan dan kelangsungan hidup organisasi. Ini melibatkan perubahan dalam komponen seperti struktur, strategi, sistem, dan perilaku manusia untuk meningkatkan efektivitas organisasi. Perubahan tersebut dapat bersifat terencana atau tidak terencana dan penting untuk mengikuti perubahan dalam lingkungan eksternal dan internal. Tujuh elemen kunci yang harus selaras dan berinteraksi secara harmonis dalam organisasi adalah: Strategi, Struktur, Sistem, Staf, Gaya/Budaya, Nilai Bersama, dan Keterampilan.
Rumusan masalah dalam Penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi Model McKinsey dalam perubahan organisasi setelah merger dengan PT Bank BRI Syariah Tbk, PT Bank Syariah Mandiri, dan PT Bank BNI Syariah? (2) Bagaimana keuntungan dan tantangan implementasi Model McKinsey dalam perubahan organisasi di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Karimata ?.
Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana implementasi model McKinsey dalam perubahan organisasi setelah merger dengan PT Bank BRI Syariah Tbk, PT Bank Syariah Mandiri, dan PT Bank BNI Syariah (2) Untuk mengetahui keuntungan dan dan tantangan implementasi Model McKinsey dalam perubahan organisasi di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Karimata.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data ialah deskriptif dan Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. implementasi strategi bisnis McKinsey telah berjalan dengan sangat lancar dan memberikan dampak positif signifikan terhadap pertumbuhan lembaga perbankan tersebut. Sebagai hasil dari implementasi, BSI KCP Karimata mampu meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan. Efisiensi operasional yang diperoleh melalui model McKinsey juga berkontribusi positif terhadap profitabilitas dan memperkuat fondasi keuangan BSI KCP Karimata. 2. Keuntungan yang diperoleh setelah mengimplementasi model McKinsey yaitu keuntungan utamanya yang diperoleh BSI KCP Jember karimata semakin memperkuat kedudukan BSI sebagai bank syariah terbesar diindonesia dan pada tahun 2023 BSI merangkak naik ke top 10 perbankan nasional. Adapun tantangannya ialah masih terdapat beberapa karyawan yang masih sulit untuk beradaptasi dengan peraturan atau strategi baru dari BSI KCP Jember Karimata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Ani sa
Date Deposited: 15 May 2024 07:17
Last Modified: 11 Jul 2024 03:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32639

Actions (login required)

View Item View Item