Pengembangan bahan ajar berbasis website untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri Kunir Tahun pelajaran 2023/2024

Nurcahyati, Niken (2024) Pengembangan bahan ajar berbasis website untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri Kunir Tahun pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad siddiq Jember.

[img] Text (SK-003-IPS-2024)
NIKEN NURCAHYATI_201101090003.pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Webiste, Pembelajaran IPS.
Pada era globalisasi guru harus bisa membaca situasi dan menyiapkan sumber belajar serta media pembelajaran yang cocok dengan apa yang digemari oleh siswa, sehingga perhatian siswa bisa fokus pada pembelajaran, bahkan yang digunakan guru di SMP hanya mengandalkan bahan ajar berbasis cetak saja seperti buku paket, LKS saja, sehingga membuat sebagaian peserta didik merasa bosan dan jenuh, dan cara penyampaian yang monoton sehingga membuat hasil belajar siswa rendah.
Bahan ajar berbasis Website ini kemudian dikembangkan untuk membantu proses pembelajaran lebih inovatif dan memacu semangat belajar siswa agar lebih efektif.
Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan sebagai berikut (1) Mendeskripsikan validitas pengembangan bahan ajar berbasis website untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII. (2) Mendeskripsikan kepraktisan pengembangan bahan ajar berbasis Website untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII. (3) Mendeskripsikan efektivitas pengembangan bahan ajar berbasis Website untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII.
Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan (Research & Development)dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu tahap Analysis (Analisis), tahap Design (Perancangan), tahap Development (Pengembangan), tahap Implementation (Implementasi), tahap Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah tiga validator yang terdiri dari validator produk dua dosen serta guru IPS di SMPN 01 Kunir.Data diambil menggunakan angket dan dokumen dengan teknik analisis kuantitatif (persentase) dan kualitatif (komentar, kritik dan saran).
Berdasarkan hasil penelitan yang sudah dilakukan oleh peneliti (1) Diperoleh rata-rata nilai presentase dari tiga validator diantaranya validator media 93%, validator bahasa 80%, dan validator materi 94%semua berkriteria sangat baik. (2) Hasil nilai kepraktisan pengembangan bahan ajar berbasis Website ini dengan skor 94% dengan kriteria sangat praktis. (3) Hasil efektivitas pengembangan bahan ajar berbasis Website diperoleh dari nilai hasil uji coba produk kepada siswa 77,76% untuk skala kecil sedangkan skala besar memperoleh rata-rata peresentase sebesar 81,20%. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis Website dinyatakan valid dan praktis untuk pembelajaran IPS kelas VII.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Niken Nurcahyati niken
Date Deposited: 15 May 2024 06:20
Last Modified: 03 Jul 2024 03:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32644

Actions (login required)

View Item View Item